Volta Indonesia
Nasional

PLN Kolaborasi dengan ESB Volta Realisasikan Ekspansi Infrastruktur EV

  • PT PLN (Persero) menjalin kerja sama dengan PT Energi Selalu Baru (ESB) yang merupakan anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) untuk penempatan stasiun Sistem Ganti Baterai (SGB) Motor Listrik Volta di properti milik PLN.
Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT PLN (Persero) menjalin kerja sama dengan PT Energi Selalu Baru (ESB) yang merupakan anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) untuk penempatan stasiun Sistem Ganti Baterai (SGB) Motor Listrik Volta di properti milik PLN.

ESB merupakan pengembang teknologi dan infrastruktur kendaraan listrik, khusunya stasiun SGB motor listrik Volta. Kini SGB sendiri telah tersedia di lebih dari 250 titik di berbagai wilayah Indonesia, adanya kerja sama tentu berpotensi memperluas lokasi SGB di ratusan titik lokasi kantor PLN. 

Pada tahap awal kerja sama, SGB akan tersedia di Kantor PLN UP3 Serpong, UP3 Cikupa, UP3 Cikokol, UP3 Teluk Naga, UP3 Banten Utara, UP3 Banten Selatan, dan Kantor UP2D. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa pihaknya membuka kerja sama seluas-luasnya dalam transisi energi, apalagi untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik.

“Ekosistem ini akan mengubah paradigma bahwa energi yang kotor bisa menjadi bersih, energi yang tadinya mahal menjadi murah, bahkan energi yang tadinya impor menjadi energi berbasis domestik,” jelas Darmawan melalui keterangan pers, Jumat, 24 Maret 2023.

CEO ESB Iwan Suryaputra menyampaikan pihaknya berkomitmen dalam mendukung kenyamanan pengguna motor listrik Volta dengan menyediakan infrastruktur sistem ganti baterai motor listrik yang masif di seluruh Indonesia.

“Penambahan SGB di area milik PLN merupakan langkah penting dalam meningkatkan dan memperluas aksesibilitas masyarakat dalam melakukan penukaran baterai motor listrik Volta,” tuturnya.

Meluasnya kehadiran SGB sebagai SPBKLU tentu merupakan jawaban kebutuhan bagi para pengendara motor listrik Volta agar proses pergantian baterai bisa lebih dekat dan cepat. 

Terlebih lagi, adanya keputusan pemberian subsidi dari pemerintah untuk pembelian sepeda motor listrik baru sebesar Rp7 juta per unit sepeda motor untuk 200.000 unit di tahun 2023, akan meningkatkan jumlah pengguna motor listrik Volta. 

Seperti diketahui, Volta sendiri mendapatkan subsidi karena memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40%, yakni sebesar 47,36%. Dalam kerja sama ini, PLN akan menyediakan lahan lokasi di kantor PLN untuk stasiun SGB.