<p>Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung / Istimewa</p>
Energi

PLN Mulai Bangung PLTS untuk IKN

  • PLTS ini diperkirakan menghasilkan listrik berbasis ramah lingkungan sekitar 93 Giga Watt Hour (GWh) setiap tahunnya, jumlah ini diproyeksikan cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik IKN. Pembangunan PLTS juga di gadang memiliki manfaat lingkungan yang signifikan, dan diperkiraan mampu mengurangi emisi karbon sekitar 104.000 ton CO2 per tahunnya.

Energi

Muhammad Imam Hatami

IBU KOTA NUSANTARA - PLN meresmikan dimulainya pembangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas sebesar 50 Megawatt di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Proyek bertujuan memenuhi kebutuhan listrik berbasis energi bersih, IKN. Proyek energi bersih merupakan salah satu  visi IKN sebagai kota yang mengusung konsep berkelanjutan dan ramah lingkungan.

PLTS ini diperkirakan menghasilkan listrik berbasis ramah lingkungan sekitar 93 Giga Watt Hour (GWh) setiap tahunnya, jumlah ini diproyeksikan cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik IKN. Pembangunan PLTS juga di gadang memiliki manfaat lingkungan yang signifikan, dan diperkiraan mampu mengurangi emisi karbon sekitar 104.000 ton CO2 per tahunnya. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan dukungannya penuh terhadap proyek PLTS ini. Jokowi menekankan komitmen pemerintah untuk membangun IKN sebagai kota furutistik masa depan yang mengedepankan penggunaan energi bersih, sehingga proyek PLTS ini dianggap sebagai salah satu penunjang infrastruktur penting di IKN.

Jokowi memerintahkan PLN mempersiapkan sistem kelistrikan yang handal, efisien, dan berfokus pada energi bersih untuk memenuhi kebutuhan listrik di IKN Nusantara.  Secara khusus, Jokowi juga meminta agar jalur kelistrikan dan kabel ditempatkan di bawah tanah. Sehingga menambah kesan estetika dan futuristik IKN, dan menghindari kesemrawutan.

”Saya minta sejak awal kabelnya jangan kelihatan mata. Harus semuanya ground cable dimasukkan ke kapling di bawah tanah, masa kita membangun Ibu Kota yang bagus seperti ini kabelnya di atas,” ujar Jokowi dilansir kabarbumn.go.id, Jumat, 3 Novermber 2023.

PLN juga berencana untuk memanfaatkan potensi sumber daya air di sekitar IKN dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang memiliki kapasitas hingga 1.000 Megawatt. Dengan dua sumber energi terbarukan ini, IKN diperkirakan akan memiliki sumber energi mandiri tanpa bergantung pada penggunaan energi listrik berbasis energi fosil.

Proyek PLTS dan PLTA ini adalah langkah konkret dalam memastikan pasokan listrik yang handal, bersih, dan berkelanjutan untuk IKN Nusantara.