PLN
BUMN

PLN Prediksi Beban Listrik Jakarta Naik 13,19 Persen Selama Libur Panjang Iduladha

  • PT PLN (Persero) memproyeksikan kebutuhan listrik untuk warga Jakarta akan mencapai 4.515 Mega Watt (MW) atau naik 13,19% dibanding tahun lalu.
BUMN
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT PLN (Persero) memproyeksikan kebutuhan listrik untuk warga Jakarta akan mencapai 4.515 Mega Watt (MW) atau naik 13,19% dibanding tahun lalu.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan, dengan daya mampu pasok sebesar 8.687 MW, kebutuhan listrik warga Jakarta dipastikan aman.

"PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya siaga kelistrikan dan optimis pasok listrik handal untuk warga Jakarta.  Dalam momen Idul Adha ini, PLN siagakan 2.148 personil tersebar di 17 Posko Siaga PLN UID Jakarta Raya," katanya dilansir pada Jumat, 30 Juni 2023.

Tidak hanya personel, PLN juga menyiagakan 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, 7 Unit Kabel Bergerak (UKB), 9 Unit Gardu Bergerak (UGB), 2 Unit Diesel Bergerak (UDB).

Selain itu, disiagakan sebanyak 4 Unit Crane, 4 Unit Deteksi SKTM, 4 Unit Assessment SKTM, 64 mobil dan 77 motor Pelayanan Teknik. Dalam 496 masjid di wilayah Jakarta masuk dalam pantauan PLN, dengan Masjid Istiqlal menjadi pantauan utama pelaksanaan Solat Idul Adha.

Beberapa pusat pelayanan publik juga tak luput dari pantauan PLN. Sebanyak 9 zona transportasi, 32 zona pertahanan, 59 zona pemerintahan, 58 rumah sakit, 5 tempat wisata, 94 pusat perbelanjaan, dan 77 titik SPKLU juga dipastikan memperoleh pasokan listrik yang handal.

Momen Iduladha kali ini juga bersamaan dengan libur panjang dan liburan sekolah. Momen seperti ini tentunya menjadi momen berkumpulnya keluarga atau momen liburan bersama.

Berikut tips dari PLN agar listrik aman saat libur panjang :

• Cek sambungan listrik. Jika ada peralatan elektronik yang tidak dibutuhkan, segera cabut dari stop kontak.

• Bagi pelanggan pascabayar, bayarlah listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20 agar lebih nyaman dan terhindar dari pemutusan. Bagi pelanggan prabayar, isilah token listrik secukupnya dan siapkan cadangan bila diperlukan agar listrik tetap menyala, khususnya untuk penerangan.

• Cek instalasi listrik dalam rumah sebelum mudik. Terutama jika sering terjadi korsleting. Periksalah dengan bantuan instalatir resmi terdaftar.

• Apabila daya listrik di rumah sudah tidak mencukupi, segera tambah daya secara resmi ke PLN menggunakan promo tambah daya Terangi Ramadhan 2023.

• Lapor kepada RT dan RW setempat, serta titipkan rumah ke tetangga terdekat yang tidak melakukan mudik lebaran.