Ilustrasi Krisis Listrik 2021
Nasional

PLN Siap Sukseskan Ajang Internasional Motocross Grand Prix (MXGP) 2022

  • PT PLN (Persero) menyediakan layanan Zero Down Time (ZDT) listrik tanpa kedip untuk menyukseskan ajang Internasional Motocross Grand Prix (MXGP) yang rencananya akan digelar di Kawasan Samatoa, Sumbawa Besar pada tanggal 24-26 Juni 2022.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA - PT PLN (Persero) menyediakan layanan Zero Down Time (ZDT) listrik tanpa kedip untuk menyukseskan ajang Internasional Motocross Grand Prix (MXGP) yang rencananya akan digelar di Kawasan Samatoa, Sumbawa Besar pada tanggal 24-26 Juni 2022.

Sama seperti kejuaran MotoGP di Mandalika, Motocross Grand Prix merupakan ajang balap Motocross di bawah naungan Federation Internationale de Motocyclisme yang paling elit.

General Manager PLN NTB Sudjarwo mengatakan bahwa setelah berhasil menyukseskan ajang internasional MotoGP di Mandalika, kini PLN kembali siap menyukseskan ajang Motocross dengan listrik tanpa kedip.

“Pada prinsipnya PLN siap mendukung MXGP.  Infrastruktur kelistrikan dan juga Sumber Daya Manusia sudah kami siapkan untuk gelaran MXGP”, kata sudjarwo.

Tahapan yang akan dilewati untuk melistriki ajang MXGP ini sama dengan pelaksanakan MotoGP sebelumnya. Pelaksanakan yang sudah disusun secara matang dan terperinci kemarin, akan Kembali dilakukan di ajang ini. Selain itu, besaran daya listrik yang diperlukan dan juga titik-titik lokasi penting yang harus dialiri listrik.

“Setelah kita mengetahui kebutuhan dan jumlah titiknya, PLN akan bergerak untuk membuat masterplan jaringan dan juga akan menentukan kebutuhan materialnya. Kemudian kita akan mulai membangun jaringan dan insfrastruktur kelistrikan di lokasi,” lanjut Djarwo.

Untuk kondisi Sistem Kelistrikan Sumbawa sendiri saat ini masih dalam posisi normal. Total daya mampu sebesar 128,85 MW dengan beban puncak 113,32 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 15,53 MW yang dapat dioptimalkan, baik untuk gelaran MXGP ataupun kebutuhan pendukung yang lain