Influencer Indra Kesuma terseret sebagai terlapor dalam dugaan penipuan aplikasi Binomo. Sumber: Instagram.com/@indrakenz.
Fintech

Polisi Akan Periksa Fakarich, Guru Trading Indra Kenz yang Membuka Kelas Binomo

  • Bareskrim Polri menjadwalkan pemeriksaan terhadap Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich pada Kamis, 31 Maret 2022.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAkARTA – Penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri menjadwalkan pemeriksaan terhadap Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich pada Kamis, 31 Maret 2022. Fakarich dipanggil karena dirinya diketahui sebagai guru yang mengajarkan trading pada Indra Kenz dan membuka kelas binary option Binomo

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan pihak kepolisian sudah memanggil Fakarich dua kali. 

Namun, Fakarich tidak menanggapi panggilan pemeriksaan tersebut, sehingga Gatot pun menyatakan bahwa pihak kepolisian akan melakukan penjemputan jika yang bersangkutan masih mangkir.

“Kita akan bawa yang bersangkutan untuk diperiksa oleh penyidik,” ujar Gatot melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa, 29 Maret 2022. 

Sejauh ini, pihak penyidik mendapatkan temuan bahwa Fakarich tidak hanya berperan sebagai guru trading, tapi juga berperan sebagai perekrut para afiliator binary option yang dalam beberapa waktu ke belakang dicap sebagai platform judi berkedok trading

"(Pemeriksaan) terkait peran yang bersangkutan selaku perekrut para afiliator," papar Gatot. 

Sebagai informasi, Fakarich diduga oleh kepolisian sebagai orang yang mengajarkan Indra Kenz untuk menghilangkan barang-barang bukti. Untuk memastikan dugaan itu, Fakarich pun dipanggil untuk menjalani pemeriksaan. 

Fakarich adalah sosok yang kerap kali muncul di video-video Indra Kenz. Ia disebut-sebut sebagai mentor yang mengajarkan Indra Kenz untuk meraup keuntungan hingga miliaran rupiah dari trading

Fakarich pun membuka kelas pelatihan Binomo dengan membanderol tarif hingga belasan juta rupiah. Bahkan, Fakarich pun diduga sebagai orang yang membawa Binomo ke Indonesia. 

Berdasarkan penelusuran, media-media sosial milik Fakarich menghilang jejaknya dunia maya. Yang tersisa hanya akun-akun yang tampaknya dibuat oleh orang lain dengan mengatasnamakan Fakarich. 

Yang ditemukan hanyalah akun Facebook milik Fakarich yang membuat unggahan terakhir pada 22 Desember 2012 dan tidak terlihat ada konten yang mengangkat informasi soal binary option