<p>Ilustrasi: Serah terima rumah khusus oleh Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Ditjen Perumahan Provinsi Sumatera Barat Nursal kepada penerima manfaat yang diwakili oleh Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Sri Wibowo / Dokumentasi Kementerian PUPR</p>
Industri

Porsi Pembiayaan Perbankan Untuk Perumahan Masih Tinggi, UUS Maybank Giat Bidik Segmen Millennial

  • Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukan, sebelum pandmei tepatnya tahun 2019, sebanyak 81 juta orang dari kalangan generasi muda belum memiliki rumah sendiri. Dari angka tersebut, sebanyak 24,92% belum mampu secara finansial, dan sebesar 17,27% bahkan belum mampu membayar uang muka (DP).
Industri
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -Unit Usaha Syriah (UUS) PT Maybank Indonesia Tbk (BNII) terus menggiatkan penjualan produk pembiayaan properti iB milik perseroan. Pasalnya, menurut survey internal, fasilitas pembiayaan properti yang masih menjadi pilihan utama mayoritas konsumen dalam pembelian properti dengan pangsa mencapai 75,65%.

Head Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari menyatakan dengan potensi pertumbuhan properti di Indonesia serta pembiayaan properti yang masih besar, solusi UUS Maybank Pembiayaan Properti iB dapat menjadi pilihan bagi masyarakat untuk membeli rumah impian, terutama dengan prinsip Syariah.

Melalui program #MyBank Rumah Syariah iB, pembelian properti dilakukan sesuai akad Musyarakah Mutanaqishah (MMQ) di mana pembeli akan memasuki kontrak kerja sama modal antara Bank dengan pembeli atau nasabah untuk memiliki properti sesuai nisbah yang disepakati.

Angsuran yang dibayarkan nasabah akan digunakan untuk pembelian porsi kepemilikan Bank secara bertahap sehingga pada akhir masa pembiayaan, nasabah akan memiliki 100% properti tersebut. 

“Pembiayaan ini memliki rate tetap dan bersaing, yaitu sebesar 3,63% selama 3 tahun pertama dan 10,63% untuk 7 tahun berikutnya,” kata dia dalam website resmi dikutip Jumat, 13 Mei 2022.

Ditambahkan, kepemilikan properti, baik berupa rumah, apartemen, rukan, atau ruko, merupakan salah satu checklist kebutuhan pokok yang membutuhkan nilai investasi cukup besar. Pembiayaan Properti iB dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk pembelian properti 

Selain itu, nasabah juga dapat memilih fitur take over apabila memilih untuk memindahkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank semula ke fasilitas pembiayaan dengan skema Syariah UUS Maybank dan melakukan Top Up atas fasilitas take over tersebut.

Melalui fasilitas ini, nasabah bisa menikmati biaya khusus yang diberikan dalam jangka waktu pembiayaan maksimal hingga 20 tahun, proses yang cepat serta biaya administrasi yang kompetitif, sehingga pembeli properti dapat merealisasikan keinginannya dalam memiliki properti idamannya.

Selain itu UUS Maybank juga menyediakan Program Pembiayaan Properti iB dengan tingkat sewa/equivalent rate fixed variatif dengan jangka waktu pembiayaan sesuai dengan kenyamanan dan kemampuan keuangan calon pembeli atau nasabah

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukan, sebelum pandmei tepatnya tahun 2019, sebanyak 81 juta orang dari kalangan generasi muda belum memiliki rumah sendiri. Dari angka tersebut, sebanyak 24,92% belum mampu secara finansial, dan sebesar 17,27% bahkan belum mampu membayar uang muka (DP).