Trofi Piala Dunia U-17.
Olahraga

Pot Undian Grup Piala Dunia U-17: Indonesia Hindari 3 Negara Juara

  • Timnas Indonesia U-17 berpeluang terhindar dari sejumlah lawan berat dalam fase grup Piala Dunia U-17 2023.
Olahraga
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Timnas Indonesia U-17 berpeluang terhindar dari sejumlah lawan berat dalam fase grup Piala Dunia U-17 2023. Hal ini karena Indonesia masuk di pot satu unggulan dengan statusnya sebagai tuan rumah. 

Selain Indonesia, ada negara-negara kuat seperti Prancis, Spanyol, Brasil, Meksiko dan Jepang di pot satu. Diketahui, Prancis, Meksiko dan Brasil adalah negara-negara yang pernah menjadi juara Piala Dunia U-17.

Brasil sendiri merupakan juara bertahan ajang bergengsi tersebut. Adapun Prancis merupakan juara Piala Dunia U-17 2001 dan Meksiko memenangi turnamen edisi 2005 dan 2011. 

Meski demikian, tim asuhan Bima Sakti masih berpeluang masuk grup berat di Piala Dunia U-17 2023. Ini karena tim sekelas Jerman, Inggris, Argentina, dan Ekuador berada di pot dua. Inggris adalah juara Piala Dunia U-17 2017, sedangkan Jerman pernah menjadi runner up edisi 1985. 

Di pot ketiga, ada Amerika Serikat, Selandia Baru, Senegal, Iran, Maroko dan Uzbekistan. Secara kemampuan, kualitas para tim di pot tiga juga masih di atas Indonesia. Sementara pot empat juga dihuni tim kuat macam Polandia dan Venezuela. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan undian atau drawing Piala Dunia U-19 2023 akan digelar Agustus. “Drawing digelar di Jakarta. Kami masih mencari lokasi yang tepat,” ujarnya dikutip dari pssi.org, Senin 3 Juli 2023. Sebagai informasi, Piala Dunia U-17 tahun ini digelar pada 10 November-2 Desember 2023.

Pemusatan Latihan

Indonesia menggantikan Peru yang dicoret sebagai tuan rumah karena dinilai tidak siap secara infrastruktur. Indonesia menjadi satu-satunya wakil negara ASEAN dan AFF usai Thailand dan Australia terhenti di perempat final Piala Asia U-17 2023. 

Empat semifinalis ajang tersebut resmi masuk ke Piala Dunia U-17 2023 yakni Iran, Jepang, Korea Selatan dan Uzbekistan.  Saat ini PSSI telah menunjuk Bima Sakti sebagai juru taktik Timnas Indonesia U-17. Adapun seleksi pemain bakal digelar mulai Juli. 

PSSI mengatakan tim nantinya bakal menjalani pemusatan latihan di luar negeri untuk menggembleng kemampuan. “Sekaligus uji coba dengan negara-negara Eropa, Asia, Afrika. Ini agar mereka tidak kaget kalau nanti melawan tim-tim tangguh,” ujar Erick.

Pot Undian Fase Grup Piala Dunia U-17 2023

Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jepang

Pot 2: Jerman, Mali, Inggris, Korea Selatan, Argentina, Ekuador

Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, Maroko

Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Burkina Faso, Polandia, Venezuela