Pengguna internet di Indonesia capai 79 persen.
Makroekonomi

Potensi Ekspor Gim Lokal ke Pasar Global Dinilai Cerah

  • Jerry menuturkan, ekspor gim lebih mudah daripada ekspor barang, mengingat gim tidak memerlukan gudang penyimpanan, pemeriksaan berlapis dan tidak menyusut dalam perjalanan.
Makroekonomi
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung pengembangan industri gim Indonesia untuk ekspor ke pasar global. Sejauh ini potensi untuk pengembangan tersebut dinilai menjanjikan.

Hal tersebut disampaikannya dalam peluncuran Ksatriya Mahardhika 2023 di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Senin,14 Agustus 2023. “Sebagai regulator, Kementerian Perdagangan dapat membantu memberikan kemudahan akses pasar produk pelaku usaha, baik barang maupun jasa, termasuk gim,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa 15 Agustus 2023. 

Sebanyak 45 perwakilan perdagangan hadir yang terdiri dari Duta Besar Organisasi Perdagangan Dunia, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia, Konsul Perdagangan, 23 Atase Perdagangan, dan 19 Indonesian Trade Promotion Center.

Jerry yakin peluang pertumbuhan gim tetap luar biasa karena didorong kondisi pemain gim yang dapat memilih untuk bermain lintas platform, dapat terlibat pada olahraga elektronik (e-sports) atau siaran langsung (live streaming), dan diberikan pilihan untuk bermain gim dengan harga penuh, gratis (free-to-play), atau berlangganan.

Selain itu, terdapatnya teknologi seluler dan jaringan baru yang memperluas pasar gim di negara berkembang. Munculnya generasi muda juga diharapkan akan semakin membentuk pola konsumsi global serta dan munculnya pemain baru, termasuk generasi yang lebih tua dan kelompok wanita.

Jerry menuturkan, ekspor gim lebih mudah daripada ekspor barang, mengingat gim tidak memerlukan gudang penyimpanan, pemeriksaan berlapis dan tidak menyusut dalam perjalanan.

Berdasarkan data Kemendag, perekonomian Indonesia sepanjang 2022 tumbuh 5,31% atau lebih tinggi dibandingkan capaian 2021 yang tumbuh 3,7%.  Surplus neraca perdagangan pada 2022 mencapai US$54,46 miliar atau setara Rp835,72 triliun. Hal tersebut didukung ekspor Indonesia sepanjang 2022 yang tercatat sebesar US$291,98 miliar atau sekitar Rp4.480 triliun.

Jerry mengatakan, dibutuhkan pengembangan ekosistem gim yang berkelanjutan. Untuk itu, Kementerian Perdagangan melaksanakan beberapa program yang menjadi wadah terkait beberapa aspek berikut.

  1. Mengembangkan kapasitas sektor animasi, komik, dan gim (ACG), seperti mengidentifikasi dan urun rembug dengan pelaku ACG.
  2. Melakukan promosi dan pembukaan akses pasar, seperti mensosialiasikan penggunaan intellectual property (IP) serta partisipasi pameran luar dan dalam negeri.
  3. Mendorong pelaku ACG untuk berpartisipasi pada Ina Digi Export yang merupakan platform one-stop service yang dikelola Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional untuk produk kreatif digital berorientasi ekspor.

Sebagai informasi, Ksatriya Mahardhika 2023 adalah kejuaraan gim tingkat pelajar yang dihelat pengembang gim olahraga elektronik Anantarupa Studios dan akan digelar pada Agustus hingga Oktober 2023 mendatang di delapan daerah. 

Sasaran peserta kejuaraan ini adalah pelajar tingkat SMP dan SMA dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda kepada budaya asli Nusantara melalui seminar, loka karya, dan pelestarian budaya berupa festival pasar rakyat, sayembara tari, komentator (shoutcaster) berbahasa daerah, dan kejuaraan gim lokal.