<p>Kepadatan lalu lintas tampak di ruas jalan Gatot Subroto dan Tol dalam Kota menuju Cawang, Jakarta, Rabu 3 Juni 2020. Kemacetan kembali tampak di Ibu Kota menjelang berakhirnya masa PSBB dan kembalinya karyawan yang bekerja dari kantor atau Work from Office. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

PPKM Darurat: Akses Keluar Masuk DKI Jakarta Ditutup Mulai 3 Juli Pukul 00.00 WIB

  • Polda Metro Jaya menutup pintu keluar dan masuk DKI Jakarta selama PPKM Darurat 3-20 Juli 2021.

Nasional
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA – Akses keluar dan masuk ke DKI Jakarta ditutup mulai Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 00.00 WIB. Penutupan akses ini merupakan implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021.

Dalam akun twitter resmi Polda Metro Jaya disebutkan, akan ada pengendalian mobilitas dan penyekatan dalam batas kota DKI Jakarta di 27 titik.

Kemudian, pembatasan dan penyekatan mobilitas pengguna jalan pukul 20.00-04.00 WIB di 21 titik yang rawan keramaian dan pelanggaran. Selain itu, pembatasan di 14 titik dengan menurunkan patroli.

Pemberlakuan ini menyusul terbitnya Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam aturan anyar itu ditegaskan kepala daerah, pelaku usaha, hingga masyarakat wajib mematuhi ketentuan PPKM Darurat yang berlaku.

Selanjutnya, untuk pelaku usaha, restoran, pusat perbelanjaan, transportasi umum yang tidak melaksanakan ketentuan PPKM Darurat dikenakan sanksi administratif sampai dengan penutupan usaha sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara bagi masyarakat pelanggar aturan PPKM Darurat, setiap orang dapat dikenakan sanksi berdasarkan; Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan; dan peraturan daerah, peraturan kepala daerah; serta ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait.

Berikut pembatasan akses dari dan menuju DKI Jakarta yang sudah ditetapkan Polda Metro Jaya. (LRD)

Pembatasan dan pengendalian mobilitas pengguna jalan pada masa PPKM 3-20 Juli 2021 di DKI Jakarta. Berlaku pukul 20.00 – 04.00 WIB. / Twitter TMC Polda Metro Jaya

Pembatasan Mobilitas di dalam kota

  1. Bundaran Senayan
  2. Semanggi
  3. Bundaran HI
  4. TL Harmoni

Pembatasan Mobilitas di Dalam Tol

Arah Timur ke Barat

  1. Gerbang Tol Tegal Parang
  2. Gerbang Tol Polda

Arah Barat ke Timur

  1. Gerbang Tol Semanggi
  2. Gerbang Tol Senayan
  3. Gerbang Tol Pancoran

Pembatasan Mobilitas di Batas Kota

  1. Ringroad Tegal Alur, Jakut
  2. Pos Joglo Raya, Jakbar
  3. Pos LTS Kalideres, Jakbar
  4. Perempatan Pasar Jumat, Jaksel
  5. Ciledug Raya (Unibersitas Budi Luhur), Jaksel
  6. Lampiri Kalimalang, Jaktim
  7. Panasonic Jalan Raya Bogor, Jaktim
  8. Depan SPBU Cilangkap, Depok
  9. Jalan Parung Ciputat, Depok
  10. Batu Ceper, Tangkot
  11. Jati Uwung, Tangkot
  12. Jalan Sultan Agung Meda Satria, Bekasi Kota
  13. Jalan Nur Ali Sumber Arta, Bekasi Kota
  14. Kedung Waringin, Bekasi Kabupaten
  15. Tambun, Bekasi Kabupaten
  16. Bintaro, Tangsel
  17. Legok, Tangsel
  18. Lenteng Agung, Depok
  19. Kolong Cakung, Jaktim
Pembatasan dan pengendalian mobilitas pengguna jalan pada masa PPKM 3-20 Juli 2021 di DKI Jakarta. Berlaku pukul 20.00 – 04.00 WIB. / Twitter TMC Polda Metro Jaya