<p>Petugas Kementerian Sosial melakukan pengecekan paket sembako di Jakarta Selatan Rabu 22 April 2020 lalu. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

PPKM Darurat, Pemerintah Bakal Percepat Penyaluran Bansos

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali pada 3 – 20 Juli 2021. Kebijakan ini pun akan diiringi oleh percepatan dan perluasan bantuan sosial (bansos).

Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali pada 3 – 20 Juli 2021. Kebijakan ini pun akan diiringi oleh percepatan dan perluasan bantuan sosial (bansos).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan telah melakukan koordinasi dengan beberapa kementerian/lembaga guna mempercepat sekaligus memastikan penyaluran bansos tepat sasaran.

“Tujuannya adalah untuk menyinkronkan agar bansos bisa disalurkan secepat mungkin dan cakupannya betul-betul tepat sasaran. Yang paling utama agar masyarakat yang ada di lapisan terbawah bisa terbantu dengan adanya bansos ini,” ujarnya, di Jakarta, Jumat 2 Juli 2021.

Ia berharap setidaknya pada minggu kedua Juli 2021, bansos kan bisa disalurkan ke seluruh pelosok Tanah Air kepada keluarga penerima manfaat yang membutuhkan.

Di antaranya PKH 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) Program Sembako 18,8 juta KPM, dan perpanjangan BST Mei-Juni 10 juta KPM.

Muhadjir turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan bekerja sama mendukung kebijakan pemerintah dalam menjalankan PPKM Darurat.

Kebijakan ini diharapkan bisa menurunkan angka kasus, angka kematian, serta angka kesakitan yang diakibatkan oleh wabah COVID-19 di Indonesia.

Ia pun secara tegas meminta agar penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan, seperti memakai masker sesuai standar, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan tentunya terus meningkatkan imunitas. Ia meyakini dengan gotong-royong dan semangat saling menjaga akan mampu melawan COVID-19.

“Saya kira setiap individu harus menjaga dirinya masing-masing, otomatis akan menjaga sekelilingnya, akan terjaga bangsa ini dari kerawanan-kerawanan yang diakibatkan oleh wabah COVID-19,” katanya. (SKO)