<p>Eurofighter Typoon/ Sumber: suwalls.com</p>
Nasional & Dunia

Prabowo Borong 15 Jet Tempur Bekas, Austria Beri Lampu Hijau

  • Prabowo menyebut pembelian 15 Eurofighter Typhoon bertujuan untuk memodernisasi angkatan udara Indonesia.

Nasional & Dunia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Ketertarikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli 15 Eurofighter Typhoon milik Pemerintah Republik Austria akhirnya mendapat tanggapan resmi yang positif.

Dilansir dari Kronen Zeitung, Senin, 7 September 2020, Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner telah telah melayangkan surat kesediaan Austria soal pembelian jet tempur bekas oleh Prabowo.

Menariknya, pembelian jet tempur ini memperloleh berbagai tanggapan dari kedua negara. Di Austria, sebetulnya 15 Eurofighter Typoon ini untuk dijual ke Indonesia.

Di sisi lain, ini merupakan pencapaian besar bagi Klaudia Tanner sebagai menteri pertahanan. Penjualan Eurofighter Typhoon, yang sejatinya tidak untuk dijual, ke Indonesia.

Bahkan, media Austria juga mengomentari bahwa pembelian Eurofighter Typhoon dirasa kurang tepat bagi Indonesia di masa pandemi saat ini.

Prabowo sendiri mengakui di tengah pandemi COVID-19, akan lebih murah biaya perbaikan alutsista daripada membeli yang baru.

Sebagaimana diketahui, Prabowo mengirimkan surat kepada Tanner perihal rencana pembelian 15 Eurofighter Typhoon pada 10 Juli 2020.

Dalam keterangan resmi, Prabowo menyebut pembelian 15 Eurofighter Typhoon bertujuan untuk memodernisasi angkatan udara Indonesia. (SKO)