Presiden terpilih Prabowo Subianto dan MBZ. (kemhan.go.id)
Nasional

Prabowo dan Gibran Temui MBZ, Ini yang Dibicarakan

  • Presiden terpilih untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto, bersama wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, bertemu dengan presiden Uni Emirat Arab (UEA), Yang Mulia Syeikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Istana Al Shati, Abu Dhabi, pada Senin, 13 Mei 2024.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Presiden terpilih untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto, bersama wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, bertemu dengan presiden Uni Emirat Arab (UEA), Yang Mulia Syeikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Istana Al Shati, Abu Dhabi, pada Senin, 13 Mei 2024.

Dilansir dari laman resmi Kemhan, pada Selasa, 14 Mei, Prabowo dan Gibran tampak kompak mengenakan setelan jas hitam dalam pertemuan tersebut.

“Yang Mulia, perkenalkan ini wakil presiden saya,” ujar Prabowo dan disambut langsung MBZ dengan anggukkan sekaligus merangkul Gibran.

Mereka memasuki ruangan pertemuan secara bersamaan.

Dalam pertemuan tersebut, MBZ kembali memberikan ucapan selamat kepada Prabowo dan Gibran atas kemenangan mereka dalam pemilihan presiden.

MBZ juga menyampaikan harapan terbaiknya atas keberhasilan ini, mendoakan agar Prabowo dan Gibran dapat memimpin Indonesia dengan baik dan memenuhi aspirasi rakyat.

Selanjutnya, kedua pemimpin membahas hubungan kerja sama. MBZ menyatakan minatnya untuk memanfaatkan hubungan strategis yang kuat antara UEA dan Indonesia guna memperdalam kerja sama serta mendorong pembangunan dan kesejahteraan bersama.

Sementara itu, dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo dan MBZ membahas hubungan bilateral, terutama di bidang pertahanan dan militer, serta cara-cara untuk meningkatkannya demi kepentingan kedua negara.

Mereka juga bertukar pandangan mengenai berbagai isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama.

Prabowo pada kesempatan tersebut juga menerima “Medali Zayed” dari Presiden MBZ. Medali itu diberikan sebagai apresiasi atas upaya tulus yang telah dilakukan dan peran Prabowo dalam memperkuat hubungan kerja sama antara UEA dan Indonesia.

Prabowo tak lupa sampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut kepada Presiden MBZ. Ia merasa bangga menerima medali yang mengusung nama tokoh kemanusiaan global, almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan itu.

“Saya berharap hubungan Indonesia dan UEA dapat terus berkembang dan tumbuh sesuai dengan ambisi kedua negara dalam memperkuat kerja sama di berbagai bidang, termasuk pertahanan,” ujar Menhan Prabowo.