Pemilih Indonesia memberikan suaranya di TPS saat pemilihan umum, di Surakarta, provinsi Jawa Tengah (Reuters/Willy Kurniawan)
Nasional

Prabowo-Gibran Unggul di Rutan KPK, Ini Sebaran Kemenangan Paslon di TPS Krusial

  • Setelah melakukan pencoblosan, kira-kira bagaimana hasil perhitungan cepat sementara dari TPS masing-masing para Cawapres?
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Pemilihan Umum (Pemilu) jatuh pada Rabu, 14 Februari 2024. Pada pemilihan kali ini, warga tidak hanya memilih Presiden dan Wakil Presiden. Melainkan, bersamaan dengan pemilu Legislatif untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

Tidak hanya masyarakat saja yang turut andil dalam pencoblosan, namun para Menteri hingga calon Presiden dan Wakil Presiden juga turut mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

Seperti halnya, pasangan nomor urut (Paslon) 01, Anies Baswedan yang nyoblos di TPS 060, Waduk Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Pasangannya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang memberikan suaranya di TPS 023 Kemang, Jakarta Selatan.

Lalu, Paslon 02 Prabowo Subianto menggunakan suaranya di TPS 033 Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sedangkan Gibran, di TPS 34, Kampung Tirtoyoso RT 4/RW 13, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Adapula Paslon 03, Ganjar Pranowo turut serta di TPS 11 Lempongsari, Gajahmungkur, Kota Semarang. Di samping itu pasangannya, Mahfud MD melakukan pencoblosan di TPS 106 di Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

Setelah melakukan pencoblosan, kira-kira bagaimana hasil perhitungan cepat sementara dari TPS masing-masing para Cawapres? Yuk, simak artikel berikut!

Muhaimin Iskandar

Unggul di TPS Ridwan Kamil

Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berhasil memenangkan suara di TPS 045 di Ciumbuleuit, Kota Bandung, tempat Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil, mencoblos.

Paslon tersebut memperoleh 76 suara.

Unggul di TPS Cak Imin

Anies-Muhaimin unggul di TPS 023 Jalan Kemang Raya Nomor 112, Mampang, Jakarta Selatan. Lokasi TPS itu adalah tempat Cak Imin melakukan pencoblosan Pemilu 2024.

Unggul di TPS Maruf Amin

Paslon 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, berhasil memimpin dalam perolehan suara di TPS 33, yang terletak di Taman Arcadia Mediterania, Tapos, Kota Depok.

TPS ini adalah tempat di mana Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan suaranya bersama keluarganya pada pagi hari tersebut.

Gibran Rakabuming Raka

Unggul di TPS Gibran

Pasangan calon nomor (paslon) 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, berhasil meraih kemenangan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34, Kampung Tirtoyoso RT 4/RW 13, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, dengan memperoleh dukungan sebanyak 110 suara. TPS tersebut juga merupakan tempat di mana Gibran bersama istrinya, Selvi Ananda, mencoblos.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 34, Heru Mawanto, mengonfirmasi jumlah suara yang masuk mencapai 171 suara. Dari total tersebut, pasangan calon nomor 01 berhasil mendapatkan 6 suara.

Sebanyak 11 orang tidak menggunakan hak pilihnya. Total DPT ada 182 orang. Untuk dua suara tidak sah dicoblos ketiga kotak paslon dan dicoblos paslon 01 dan 02.

Unggul di TPS Prabowo

Pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menang besar di TPS 033, Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat. TPS ini merupakan lokasi Prabowo mencoblos pagi tadi.

paslon 02, Prabowo - Gibran, kembali meraih kemenangan besar di TPS 033 di Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat. TPS ini di mana Prabowo memberikan suaranya pagi tadi.

Hasil penghitungan suara menunjukkan paslon 02 berhasil memperoleh dukungan sebanyak 236 suara.

Unggul di TPS AHY 

Proses penghitungan suara di Cipete Utara, Jakarta Selatan, telah selesai. TPS ini merupakan tempat di mana Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan suaranya.

Paslon 02, Prabowo - Gibran memimpin di antara paslon lainnya. Terdapat total 196 suara yang tercatat di TPS tersebut, namun satu suara di antaranya dinyatakan tidak sah. Jumlah ini telah diverifikasi. Dari total 195 suara yang sah, pasangan ini memperoleh dukungan sebanyak 123 suara.

Unggul di Rutan KPK

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih mayoritas suara dari tahanan KPK. Paslon itu berhasil memperoleh 38 suara dari total 76 orang yang terdaftar sebagai pemilih.

Mahfud MD

Unggul di TPS Mahfud

Paslon 03, Ganjar - Mahfud, unggul di TPS Mahfud MD memberikan suaranya, yakni TPS 106 di Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, pada Rabu 14 Februari.

Hasil penghitungan menunjukkan Ganjar-Mahfud mendapatkan 127 suara sah.

Diberitakan sebelumnya, cawapres 03 Mahfud MD bersama istri dan seorang anaknya mencoblos di TPS 106 Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

Unggul di TPS Kaesang

Paslon nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, memimpin dalam persaingan ketat perolehan suara di TPS 063 Apartemen Taman Rasuna Tower 10, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu tanggal 14 Februari.

TPS ini tempat di Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, bersama istrinya Erina Sofia Gudono, melakukan pencoblosan.