Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) bersama Presiden Joko Widodo kanan saat mengunjungi PT Pindad, Selasa 19 September 2023. (Foto: Kementerian Pertahanan)
Nasional

Prabowo Terkesan dengan Kereta Cepat: Canggih dan Bersih

  • Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan kekagumannya usai menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa 19 September 2023.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan kekagumannya usai menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa 19 September 2023. 

Prabowo memuji kecanggihan kereta cepat yang layaknya kereta di luar negeri.  “Tentunya kereta api yang high speed, canggih, modern bersih juga. Serasa di luar negeri. Tadi bagus sekali,” ujar Prabowo. 

Prabowo mengaku bangga Indonesia bisa merealisasikan kereta cepat. Dia juga merasa nyaman saat menumpang kereta yang kali pertama dicobanya tersebut. “Iya pertama kali saya naik luar biasa. Sangat nyaman, membanggakan sebagai anak bangsa,” ucap Prabowo.

Prabowo bersama Jokowi menggunakan kereta cepat tersebut saat kunjungan ke PT Pindad. Dalam kunjungan, Prabowo terlihat mengendarai mobil maung dengan memegang kemudi kendaraan. Bersama Prabowo terdapat Presiden Jokowi, Kasad Jenderal TNI Dudung Abduracman serta Dirut PT Pindad Abraham Mose.

Diketahui, Jokowi kembali menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat mengunjungi PT Pindad, Selasa. Kali ini Jokowi naik kereta cepat bersama dengan Menhan Prabowo Subianto. Dalam kunjungan tersebut presiden menggunakan KCJB untuk pulang pergi dari Stasiun Halim menuju Stasiun Tegalluar dan sebaliknya.

Usai turun dari kereta cepat, Presiden Jokowi melanjutkan dengan melakukan kunjungan ke depo kereta yang berada di Tegalluar. Usai mengunjungi depo kereta cepat tersebut, Jokowi lantas bertolak menuju PT Pindad untuk melakukan kunjungan di perusahaan produsen alutsista dari dalam negeri itu. 

Presiden Jokowi sendiri diketahui telah pernah menjajal kereta cepat tersebut dari Stasiun Halim hingga Stasiun Padalarang, Rabu 13 September 2023. Dari Stasiun Padalarang, Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung dengan menggunakan Kereta Pengumpan (KA Feeder). 

Perjalanan Halim Bandung tersebut ditempuh selama 50 menit dengan rincian Halim-Padalarang selama 28 menit dilanjut menggunakan KA Feeder dari Padalarang menuju Bandung selama 20 menit. Kereta yang membawa presiden tersebut diketahui berangkat dari Halim sekira pukul 08.59 WIB.