Menteri Pertahanan RI dan calon presiden Prabowo Subianto (Reuters/Willy Kurniawan)
Nasional

Prabowo Umumkan Kabinet Minggu Malam, Para Menteri Akan Digembleng di Akmil Magelang

  • Rencana penataran bagi calon menteri kabinet Prabowo Subianto tampaknya akan mengadopsi pendekatan yang unik dan berbeda dari sebelumnya. Para calon pembantu presiden direncanakan akan digembleng di Akademi Militer Magelang.

Nasional

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Presiden Terpilih Prabowo Subianto dijadwalkan mengumumkan jajaran kabinetnya pada Minggu, 20 Oktober 2024 malam, setelah menghadiri makan malam bersama para kepala negara. 

"Dinner kepala negara, dan setelah itu mengumumkan kabinet," terang Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani di kompleks Senayan, Jakarta, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Setelah pelantikan, Prabowo akan menuju Istana Kepresidenan di Jakarta. Di sana, Presiden Joko Widodo dijadwalkan menyambut kedatangan Prabowo. Setelah serah terima jabatan, Jokowi akan melanjutkan perjalanannya ke Surakarta, Jawa Tengah.

"Kemudian, sebelum perjalanan rencananya Pak Jokowi akan mendahului menuju istana, dan kemudian Pak Jokowi akan menyambut presiden yang baru dilantik," tambah Muzani

Sebelumnya, Prabowo telah mengundang 49 tokoh, termasuk politisi, akademisi, serta beberapa menteri dari era pemerintahan Jokowi, pada hari Senin, 14 Oktober 2024. Pada hari berikutnya, Selasa, 15 Oktober 2024, Prabowo kembali mengundang 59 calon wakil menteri dan kepala badan.

Penataran Menteri di Akademi Militer

Rencana penataran bagi calon menteri kabinet Prabowo Subianto tampaknya akan mengadopsi pendekatan yang unik dan berbeda dari sebelumnya. Para calon pembantu presiden direncanakan akan digembleng di Akademi Militer Magelang. 

Para menteri terpilih akan menjalani pembekalan dan pelatihan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dan bertujuan untuk membangun kekompakan (bonding) serta memberikan wawasan terkait tugas-tugas mereka di kabinet.

Akmil Magelang, yang telah melahirkan banyak perwira tinggi dan pemimpin negara, dianggap Prabowo sebagai tempat yang ideal untuk membentuk karakter para menteri yang akan menjalankan roda pemerintahan.

Informasi ini disampaikan oleh dua menteri kabinet Jokowi yang telah dipanggil Prabowo, yakni Agus Gumiwang Kartasasmita dan Budi Arie Setiadi, yang diproyeksikan akan kembali menjabat sebagai menteri di kabinet Prabowo. 

"Sudah diumumkan bahwa akan ada kegiatan outbound atau bonding selanjutnya, pembekalan, detailnya saya belum diberi tahu," jelas Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2024 kemarin.

Penataran ini direncanakan akan dilakukan beberapa hari setelah pelantikan resmi Prabowo sebagai Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Itu kalau nggak salah Jumat sampai Minggu, tiga hari," tambah Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie.

Dengan latar belakang yang beragam, mulai dari politisi hingga profesional dan akademisi, kabinet Prabowo Subianto akan berhadapan dengan berbagai tantangan dalam mewujudkan visi dan misinya untuk Indonesia ke depan.