Photo by Krivec Ales: https://www.pexels.com/photo/gray-analog-clock-displaying-at-10-36-552774/
Gaya Hidup

Praktikan Teknik Pomodoro, Lebih Fokus dan Produktif Saat Bekerja

  • Teknik Pomodoro pertama kali dikenalkan oleh Francesco Cirillo, mahasiswa perguruan tinggi asal Italia pada tahun 1980-an
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Pernahkah Anda merasa terlalu lelah karena bekerja tanpa istirahat, atau mungkin terlalu banyak istirahat sehingga pekerjaan tidak kunjung selesai. Pernahkah Anda merasa tidak fokus saat bekerja dan pikiran Anda terus memikirkan hal-hal lain diluar pekerjaan ?
Mungkin teknik pomodoro akan cocok untuk Anda.

Teknik Pomodoro pertama kali dikenalkan oleh Francesco Cirillo, mahasiswa perguruan tinggi asal Italia pada tahun 1980-an. Cirillo menggunakan teknik manajemen waktu ini karena merasa kesulitan fokus dan berkonsenstrasi saat belajar.

Untuk memulai teknik pomodoro sangatlah mudah, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan

Siapkan Timer

Satu-satunya alat yang Anda butuhkan hanyalah timer, timer ini akan berfungsi untuk menjadi pengingat kapan waktunya Anda fokus bekerja dan kapan waktunya Anda mengambil jeda waktu untuk beristirahat. Anda dapat menggunakan timer bawaan di ponsel Anda, selain itu banyak juga aplikasi atau situs web penyedia timer yang dapat Anda gunakan. Setelahnya atur timer pada 25 menit, angka ini dapat Anda sesuaikan dengan angka yang paling nyaman untuk Anda

Mulai Kerjakan Tugas 

Setelah mengatur timer, fokuslah untuk mengerjakan tugas. Hindari semua distraksi dan tetap fokus pada tugas Anda. Setelah timer berbunyi berhentilah mengerjakan tugas.

Ambil Jeda Istirahat 5 Menit

Setelah fokus pada tugas selama 25 menit, beristirahatlah selama 5 menit, dalam waktu ini Anda dapat meregangkan otot, makan camilan, minum air agar Anda tetap terhidasi.

Ulangi Hingga Empat Kali, dan Perpanjang Istirahat Menjadi 15 menit 

Ulangi langkah di atas selama empat kali, setelah sampai pada waktu yang keempat Anda dapat memperpanjang waktu istirahat Anda menjadi 15 menit.

Nah itu tadi teknik pomodoro yang dapat Anda lakukan agar tetap fokus dan produktif saat bekerja.