sleep tidur.jpg
Gaya Hidup

Praktikkan! 8 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Menurut Ahli

  • Selain tidur yang cukup, penting juga untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Tidur yang cukup dapat memberikan beragam manfaat seperti meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, suasana hati, daya ingat, sistem kekebalan tubuh hingga mengontrol kadar gula darah dan menjaga berat badan tetap ideal.

Selain tidur yang cukup, penting juga untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut ini TrenAsia.com merangkum 8 cara meningkatkan kualitas tidur menurut ahli!

1. Menjadwalkan waktu tidur yang cukup

Melansir dari laman website sleepfoundation.org, mayoritas orang dewasa harus tidur setidaknya tujuh jam per malam. Orang-orang yang sakit, memiliki gaya hidup aktif, atau kurang tidur kronis mungkin membutuhkan lebih banyak waktu tidur. Jadi cobalah untuk menjadwalkan tidur setidaknya tujuh jam per malam.

2. Pertahankan jadwal tidur

Penelitian membuktikan bahwa tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, terlepas dari apakah itu malam kerja atau akhir pekan memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk mengoptimalkan kerja sistem imun.

Jam tidur yang tidak teratur dapat mengganggu ritme sirkadian sehingga mengurangi sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Bisa Buat Hack Tidur, Apa Itu Ritme Sirkadian?

3. Optimalkan lingkungan tidur Anda

Lingkungan tidur Anda berkaitan erat dengan sleep hygiene yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Baca juga: Yang perlu Anda Ketahui Tentang Sleep Hygiene untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Cobalah untuk membuat lingkungan tidur yang nyaman untuk beristirahat seperti dengan membatasi waktu layar di malam hari dan menjaga agar kamar tidur Anda tetap dalam kondisi sejuk, gelap, dan sunyi.

4. Buat rutinitas sebelum tidur

Cobalah untuk membuat rutinitas waktu tidur yang konsisten dengan aktivitas yang menenangkan dan dapat membuat Anda merasa lebih rileks seperti mandi. Mandi sebelum tidur dapat membantu Anda memiliki istirahat yang berkualitas.

5. Hindari menghabiskan waktu di tempat tidur saat terjaga

Fungsikan tempat tidur Anda hanya untuk tidur. Hindari untuk meletakkan televisi di dalam kamar. Beberapa orang bahkan memfungsikan kamar mereka sebagai tempat kerja. Jika memungkinkan jangan lakukan hal tersebut. Jika Anda sulit tidur ketika sudah di tempat tidur, bangunlah dari tempat tidur dan tinggalkan kamar Anda sampai Anda merasa mengantuk lagi.

6. Sering beraktivitas di luar ruangan

Penelitian menunjukan bahwa menghabiskan waktu di luar rumah bisa membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Para peneliti berpendapat, menghabiskan waktu di luar akan membuat tubuh lebih patuh mengikuti waktu alam atau siklus alami terang dan gelap.

Dengan sering beraktivitas di luar ruangan tubuh kita lambat laun akan beradaptasi dengan alam, ketika warna langit cerah kita akan terbangun dan menjadi aktif. Kemudian saat matahari menghilang dan langit menjadi gelap, tubuh akan secara otomatis menginstruksikan seluruh organ terutama otak, untuk beristirahat.

7. Hindari tidur siang dan malam

Waktu tidur siang yang terlalu dekat dengan waktu tidur akan membuat Anda kesulitan diur di malam hari. Hal ini dapat mengurangi kualitas tidur Anda.

8. Perhatikan apa yang Anda konsumsi sebelum tidur

Jika Anda minum terlalu banyak sebelum tidur, Anda mungkin akan terbangun di malam hari untuk ke kamar mandi. Hindari juga nikotin, kafein , dan alkohol yang dapat mengganggu tidur kualitas tidur.

Melansir dari laman website resmi Healthline pada Selasa (23/5/2023), salah satu cara utama untuk mengatasi gangguan tidur ialah dengan menjauhi nikotin serta minuman beralkohol. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein 4 jam sebelum waktu tidur.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 8 cara meningkatkan kualitas tidur menurut ahli. Semoga bermanfaat!