<p>Penumpang menaiki rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) jurusan Bundaran HI &#8211; Lebak Bulus, Jakarta, Selasa, 4 Agustus 2020. Kembali normalnya jam operasional MRT pasca penerapan kembali Ganjil Genap di 25 ruas jalan di Jakarta, tidak berdampak signifikan terhadap pengguna moda transportasi MRT di Ibu kota. Tidak terjadi penumpukan penumpang di jam sibuk, rangkaian gerbong kereta pun tampak lengang dengan pembatasan jumlah penumpang di dalamnya. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Transportasi dan Logistik

Praktis! Beli Tiket MRT Bisa Pakai Kartu Debit dan Kredit Mastercard

  • Mastercard dan PT MRT Jakarta (Perseroda) berkolaborasi menghadirkan opsi mengisi (top-up) dan membeli kartu MRT secara nontunai menggunakan kartu debit Mastercard.
Transportasi dan Logistik
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Mastercard dan PT MRT Jakarta (Perseroda) berkolaborasi menghadirkan opsi mengisi (top-up) dan membeli kartu MRT secara nontunai menggunakan kartu debit Mastercard.

Penumpang juga memiliki opsi untuk membeli tiket lewat aplikasi MyMRTJ menggunakan kartu kredit Mastercard, yang menandai penerimaan kartu kredit untuk pertama kalinya di aplikasi ini. Selain itu, semua kartu Mastercard dapat digunakan untuk membeli kartu MRT di semua loket stasiun.

“Kolaborasi pertama antara PT MRT Jakarta dan Mastercard di Indonesia bertujuan untuk memastikan akses transportasi yang lebih baik dan lebih mudah bagi penduduk dan wisatawan di Jakarta,” kata President Director PT Mastercard Indonesia, Aileen Goh dikutip dari keterangan pers, Sabtu, 23 Desember 2023.

Baca Juga: Jokowi Kantongi Komitmen Pembangunan MRT Jakarta Fase 2 hingga Proyek Triliunan dari Jepang

MRT Jakarta mengalami pertumbuhan jumlah penumpang yang signifikan sejak pertama kali diluncurkan pada 2019. Hingga November 2023, jumlah penumpang rata-rata harian MRT Jakarta telah melonjak hingga menjadi 100.000 penumpang, melampaui target 70.000 penumpang per hari. 

Dengan pembangunan fase 2 proyek konstruksi MRT Jakarta yang sedang berlangsung, jumlah penumpang dari Lebak Bulus sampai dengan Ancol diperkirakan mencapai 290.000 per hari.

Pengumuman kemitraaan ini menandai kolaborasi pertama antara Mastercard dan MRT Jakarta. Kemitraan ini merupakan bagian dari strategi besar Mastercard dan MRT Jakarta untuk meningkatkan mobilitas perkotaan di Indonesia, menjadi tonggak penting dalam menuju perubahan lanskap perkotaan yang lebih terintegrasi dan terdepan dalam era digital.

 Dengan inisiatif baru dengan MRT Jakarta ini, Jakarta menjadi bagian lebih dari ratusan metropolitan di seluruh dunia termasuk Singapura, London, New York, dan Bangkok, di mana Mastercard telah membantu dalam penerapan sistem tranportasi yang nirsentuh (contactless).