<p>Karyawan beraktivitas dengan latar belakang layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jum&#8217;at, 20 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Prediksi IHSG dan Rekomendasi Saham Hari Ini: Investor Wait and See, Emiten BUMN dan Bank jadi Pilihan

  • IHSG berpotensi bergerak fluktuatif dan cenderung melemah dengan support resistance 6.052 – 6.198. Adapun saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal menurut Lanjar adalah ACES, ADRO, BRPT, WIKA, WSKT, PTPP, dan PTBA.

Industri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bakal kembali melanjutkan pelemahan pada perdagangan Rabu, 27 Januari 2021. Tampaknya investor memilih untuk ‘wait and see’ di tengah terus merosotnya IHSG dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Riset PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi mengatakan, para investor masih akan terfokus pada potensi lanjutan aksi jual yang akan membawa indeks komposit mendekati level psikologis 6.000.

Secara teknikal, IHSG break out support MA20 pada kisaran level 6.255 dan support pivot fibonacci pada kisaran 6.200.

“Indikator stochastic yang masih bergerak bearish dengan tekanan pelemahan indikator MACD mengiringi sinyal pelemahan yang masih cenderung berlanjut mendekati level psikologis,” kata Lanjar melalui riset hariannya, Rabu 26 Januari 2021.

Dengan analisis tersebut, ia memprediksi IHSG berpotensi bergerak fluktuatif dan cenderung melemah dengan support resistance 6.052 – 6.198. Adapun saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal menurut Lanjar adalah ACES, ADRO, BRPT, WIKA, WSKT, PTPP, dan PTBA.

Sementara itu, analis Binaartha Sekuritas, Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, berbagai indikator mengonfirmasi adanya potensi pelemahan IHSG. Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance berada pada level 6.064,55 hingga 6.195,15.

“Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, stochastic dan RSI mulai menunjukkan sinyal negatif,” jelasnya.

Nafan pun merekomendasikan beberapa saham yang dapat menjadi pertimbangan investor. Antara lain BBNI, BBRI, BBTN, BJBR, BNGA, BWPT, CPIN, dan INDF. (SKO)