<p>Layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 15 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Prediksi IHSG Merah Usai BI Rate Dipangkas, Rekomendasi Saham TLKM, AALI, dan SMRA

  • Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat, 19 Februari 2021 masih akan mengalami koreksi wajar. Turunnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) nampaknya belum bisa mendorong laju indeks pada akhir pekan ini.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat, 19 Februari 2021 masih akan mengalami koreksi wajar. Turunnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) nampaknya belum bisa mendorong laju indeks pada akhir pekan ini.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pola IHSG terlihat masih betah bergerak dalam rentang konsolidasi wajar pada perdagangan hari ini. Secara teknikal, IHSG diperkirakan akan bergerak pada rentang 6.123 – 6.288.

Sementara itu, sambung William, gelombang tekanan terlihat belum akan berakhir. Ia bilang, fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas akan turut memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG.

“Hari ini IHSG masih berpotensi bergerak dalam rentang terbatas,” kata dia melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Jumat 19 Februari 2021.

Ia tak lupa memberikan sejumlah rekomendasi saham yang menurutnya layak dicermati hari ini. Di antaranya TLKM, GGRM, AKRA, AALI, SMRA, MYOR, dan ASRI.

Setali tiga uang, analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyatakan adanya pola three outside down candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG hari.

Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance berada pada level 6.179,13 hingga 6.256,03. Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic dan RSI masih menunjukkan sinyal positif.

“IHSG berpeluang menuju ke support terdekatnya,” imbuhya.

Nafan turut merekomendasikan sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan investor dan bahkan berpotensi cuan. Antara lain AALI, BJBR, BJTM, BMRI, EXCL, INTP, dan TLKM.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah 0,44% atau 27,42 basis poin pada level 6.200,31 pada akhir perdagangan Kamis, 18 Februari 2021. Sebanyak 208 saham naik, 256 koreksi, dan 165 stagnan. (SKO)