Bill Gates Sebut Dunia Tidak Siap Hadapi Pandemi Selanjutnya
Gaya Hidup

Prediksinya Sering Tepat, Bill Gates Ramalkan Meeting Online Akan Digelar di Metaverse

  • Bill Gates memperkirakan bahwa dalam dua atau tiga tahun ke depan meeting online akan digelar di metaverse
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Baru-baru ini prediksi Bill Gates kembali jadi bahan pembicaraan. Bill Gates memberikan prediksi lagi mengenai metaverse yang akan memberikan perubahan pada cara kerja banyak orang pada 3 tahun mendatang.

Sebelumnya, prediksi Bill Gates tentang virus SARS yang menjadi pandemi tampak tepat terjadi, yang ternyata masih berlangsung sampai saat ini, yaitu pandemi COVID-19. 

Pada tahun 2015 tepatnya pada acara TED, Bill Gates memperingatkan bahwa dunia belum siap jika akan terjadi krisis kesehatan seperti virus yang mematikan.

Perkembangan teknologi yang kini semakin pesat terbukti lewat adanya Metaverse. Teknologi ini akan memudahkan manusia untuk melakukan interaksi, transaksi jual beli, menonton suatu acara hiburan dan melakukan banyak kegiatan menggunakan sebuah avatar dalam suatu jaringan. 

Bill Gates juga menyatakan bahwa ruang kantor fisik tampaknya akan segera ditinggalkan. Alih-alih bertemu secara fisik di ruang kantor, Bill Gates memperkirakan avatar digital untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Dalam kumpulan refleksinya yang terkenal yaitu, Year in Review yang terdapat di situs Bill Gates, yaitu Gates Notes, Bill Gates memperkirakan bahwa dalam dua atau tiga tahun ke depan sebagian besar pertemuan atau meeting virtual akan berpindah dari kisi gambar kamera dua dimensi ke metaverse, yaitu ruang tiga dimensi dengan avatar digital.

Bulan lalu, Microsoft juga mengumumkan rencananya untuk meluncurkan Mesh, yaitu platform virtual bagi tim untuk melakukan kolaborasi dalam ruang 3D menggunakan avatar yang disesuaikan, mirip dengan apa yang diprediksi oleh Bill Gates. 

Pada dasarnya, metaverse adalah masa depan internet, di mana dunia virtual akan berinteraksi satu sama lain seperti yang mereka lakukan di layar ponsel kita.

Tidak cukup hanya di situ, Bill Gates juga memperingatkan bahwa hal ini baru permulaan. Orang-orang tidak boleh berasumsi bahwa kualitas perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman virtual akan tetap sama, dan akselerasi inovasi baru saja dimulai.