Gedung Asuransi Allianz di kasawan Sudirman, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Perbankan

Premi Bancassurance Capai Rp1,3 T, Allianz Akan Terus Dorong Kolaborasi dengan Bank

  • Acilla Lily, Country Chief Bancassurance Officer Allianz Life Indonesia menyebutkan bahwa bancassurance sendiri adalah kanal yang menjadi pilar utama Perseroan dalam menjangkau pasar.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – PT Asuransi Allianz Life Indonesia mencatat performa positif pada pendapatan premi yang diperoleh melalui kanal bancassurance dengan perolehan angka sebesar Rp1,3 triliun pada tahun 2023 atau tumbuh hingga sekitar 7% secara year-on-year (yoy).

Acilla Lily, Country Chief Bancassurance Officer Allianz Life Indonesia menyebutkan bahwa bancassurance sendiri adalah kanal yang menjadi pilar utama Perseroan dalam menjangkau pasar.

Ia menyebutkan bahwa kerja sama dengan mitra adalah aspek yang sangat krusial, khususnya dalam pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, Allianz akan terus mendorong kolaborasi dengan industri perbankan dalam memasarkan produk-produk asuransinya.

Bancassurance tidak terlepas dari kolaborasi, termasuk dalam mendesain produk dibutuhkan,” kata Acilla saat ditemui seusai acara peluncuran produk Premier Legacy Assurance di Jakarta, Kamis, 18 April 2024.

Selain fokus pada kolaborasi, Allianz Life juga menitikberatkan pada pendidikan dan pelatihan keuangan bagi tim penjualan. Tujuannya adalah untuk memastikan tim penjualan mampu memberikan solusi finansial yang tepat sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Kemitraan dengan berbagai institusi bancassurance terus berkembang pesat. Hingga saat ini, Allianz Life telah bekerja sama dengan 10 bank, termasuk melalui saluran telemarketing.

Kemarin, 18 April 2024, Allianz Life dan PT Bank HSBC Indonesia menjalin kerja sama dalam peluncuran Premier Legacy Assurance, sebuah produk asuransi perlindungan finansial khusus bagi nasabah HSBC Premier. 

Produk ini dirancang sebagai solusi untuk memberikan warisan finansial kepada keluarga, memastikan keuangan mereka tetap terjaga di masa depan yang penuh dengan ketidakpastian ekonomi dan inflasi.

Sebuah studi oleh Allianz kepada nasabah kelas menengah atas berusia 30-60 tahun menunjukkan bahwa 94% dari mereka menganggap warisan finansial sangat penting bagi keluarga mereka. 

Lebih dari itu, 85% sudah memulai persiapan warisan melalui produk asuransi, namun kebutuhan untuk fitur yang memberikan nilai tambah pada warisan mereka masih sangat dirasakan. 

Sebanyak 78% dari responden berharap asuransi yang mereka miliki bisa menambah nilai dari total warisan keluarga di masa depan.

Baca Juga: Bersama Maybank, Allianz Luncurkan Produk Asuransi Jiwa Tradisional Syariah Pertama

Alexander Grenz, sebagai Country Manager & President Director Allianz Life Indonesia, mengungkapkan bahwa pihaknya bangga dengan kerja sama strategis kami dengan Bank HSBC.

“Dengan kemitraan yang telah terjalin selama bertahun-tahun, kami terus meningkatkan dan memperluas solusi keuangan kami, salah satunya melalui produk legacy terbaru kami ini. Inovasi ini merupakan dukungan kami secara penuh agar rencana keuangan keluarga tidak terhenti ketika risiko kehidupan terjadi, serta kualitas hidup nasabah terlindungi dalam jangka panjang,” ujar Alexander dalam acara peluncuran Premier Legacy Assurance di HSBC World Trade Center.

Sementara itu, Francois de Maricourt, Presiden Direktur HSBC Indonesia, menyatakan, di momen 140 tahun keberadaan HSBC di Indonesia, HSBC selalu berupaya memberikan solusi terbaik untuk nasabah. 

“Oleh karena itu, bersama dengan Allianz Life kami senang sekali dapat meluncurkan Premier Legacy Assurance, produk asuransi jiwa tradisional whole life yang bertujuan untuk memaksimalkan perencanaan warisan, bagi nasabah Premier kami,” kata Francois.

Francois menyebutkan, menurut hasil survei "Quality of Life" HSBC, kesehatan, keuangan, dan kualitas waktu bersama keluarga adalah tiga pilar penting dalam hidup yang berkualitas. Semua itu sangat relevan dengan rencana warisan, di mana nasabah Premier dapat mempersiapkan masa depan mereka dengan lebih baik.