Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi berbicara dengan Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly dalam pertemuan mereka di Jakarta, Indonesia, 11 April 2022.
Nasional

Presiden Joko Widodo Menerima Kunjungan Menlu Kanada, Membahas Kerjasama Ekonomi

  • Presiden Republik Indonesia menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Kanada, Mélanie Joly di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 11 April 2022.
Nasional
Muhammad Heriyanto

Muhammad Heriyanto

Author

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Kanada, Mélanie Joly di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 11 April 2022. Dalam pertemuan itu, Presiden ditemani oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

Retno Marsudi mengatakan bahwa dalam pertemuan itu salah satunya membahas mengenai kerjasama ekonomi. Ia menyebut Kanada merupakan mitra perdagangan dan investasi yang penting bagi Indonesia untuk kawasan Amerika Utara.

Menlu menyebut, pada tahun 2021 perdagangan antara Indonesia dan Kanada meningkat pesat sebesar 30%. Sementara itu, untuk investasi meningkat sebesar 4%.

"Pada tahun lalu, tepatnya 2021, perdagangan antara Indonesia dan Kanada meningkat pesat yakni 30 persen, untuk investasi meningkat 4 persen, " ujar Menlu dalam keterangan resminya, 11 April 2022.

Presiden menegaskan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Kanada sangat penting. Ia ingin mengintensifkan dan mempercepat negosiasi Comprehenssive Economic Partnership Agreement atau CEPA yang sudah dimulai pada bulan lalu. 

Menlu Retno mengatakan dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai isu Clean Energy Infrastructure. Ia mengatakan bahwa ada ketertarikan dari investor Kanada untuk tetap berinvestasi di Indonesia. 

"Terdapat ketertarikan dari investor Kanada untuk terus berinvestasi di Indonesia". ujar Menlu. 

Retno menyampaikan bahwa ada dukungan penuh dari Kanada untuk Indonesia dalam Presidensi G20 Indonesia. Ia menekankan bahwa dukungan dari negara lain terhadap Presidensi G20 Indonesia sangat tebal.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Kanada Mélanie Joly menyampaikan dukungannya terhadap Indonesia dalam Presidensi G20 Indonesia. Ia menyebut Kanada akan terus melakukan dan menjalin komunikasi yang baik dengan Indonesia.