Nasional

Presiden Jokowi Terbang ke Amerika Serikat Hadiri KTT AS-ASEAN

  • Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana menuju ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), Selasa 10 Mei 2022. Disana Jokowi akan melakukan kegiatan kunjungan kerja pada 11-13 Mei 2022.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana menuju ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), Selasa 10 Mei 2022. Disana Jokowi akan melakukan kegiatan kunjungan kerja mulai11-13 Mei 2022.

“Pagi ini, Saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022,” ujar Presiden di kutip dari Sekretariat Kabinet pada Selasa, 10 Mei 2022.

Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari. 

Adapun kegiatan Jokowi antara lain pertemuan dengan anggota Kongres, pertemuan dengan para CEO besar Amerika, pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris dan tim perubahan iklim Amerika, serta pertemuan tingkat tinggi pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden.

Selain itu, dengan adanya pertemuan ini Presiden berharap Indonesia bisa menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa dengan adanya ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang bisa saling menguntungkan.

Presiden Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta segera setelah rangkaian pertemuan selesai pada tanggal 13 Mei malam. Presiden dijadwalkan tiba di Indonesia pada Minggu pagi, 15 Mei 2022.

Dalam penerbangannya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden.