Jungkook BTS Bersanding dengan Elon Musk, Jeff Bezos dan Pangeran Harry Sebagai Orang Paling Berpengaruh di Dunia
Hiburan

Prestasi Pertama Artis Asia, Jungkook BTS Sabet Penghargaan People’s Choice Award

  • People’s Choice Awards telah menjadi tradisi yang digelar secara rutin sejak tahun 1975 untuk memberikan pengakuan kepada seniman dan entertainer berbakat.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Hari Senin lalu, penyelenggara People’s Choice Award mengumumkan bahwa Jungkook, salah satu member boy group fenomenal BTS berhasil memenangkan penghargaan "Artis Pria" di ajang bergengsi tersebut. 

Pencapaian ini menandai pertama kalinya seorang artis Asia meraih penghargaan tersebut. Jungkook mencapai kesuksesan dengan album solo pertamanya, "Golden," yang dirilis pada November 2023. 

Album ini sukses menduduki posisi kedua di tangga lagu Billboard. Data dari Hanteo Chart menunjukkan bahwa "Golden" mencatat penjualan album fisik terbesar dalam satu pekan setelah tanggal rilisnya yaitu 2,4 juta keping. 

Sebelumnya Jungkook juga mencatatkan prestasi mengesankan atas lagu kolaborasinya yang berjudul “Too Much”. Lagu “Too Much” sukses menembus chart Rhythmic Airplay, peringkat mingguan lagu-lagu yang mendominasi stasiun radio di seluruh AS yang berspesialisasi dalam musik ritmis (perpaduan eklektik antara R&B, hip-hop, dan pop). Lagu ini memulai perjalanannya di tangga lagu di No. 25.

"Too Much" adalah lagu kolaborasi Jung Kook dengan The Kid Laroi dan menampilkan Central Cee. Masuknya Jung Kook ke dalam chart Rhythmic Airplay menetapkan tonggak sejarah bagi musisi Korea Selatan.

Dengan hit baru tersebut, Jung Kook menjadi artis solo Korea Selatan kedua yang menghiasi chart Rhythmic Airplay, mengikuti jejak artis besar Psy yang sempat mencatatkan prestasi yang sama lebih dari satu dekade yang lalu.

Saat ini, Jungkook sedang menjalani tugas militer, sesuai dengan kebijakan wajib militer di Korea Selatan, di mana setiap pria yang mampu secara fisik diwajibkan untuk menjalani dinas militer selama setidaknya 18 bulan.

Sementara itu, grup musik K-pop Stray Kids juga meraih kemenangan dalam kategori "Grup/Duo."

People’s Choice Awards telah menjadi tradisi yang digelar secara rutin sejak tahun 1975 untuk memberikan pengakuan kepada seniman dan entertainer berbakat. Cakupannya juga luas di berbagai bidang seperti film, televisi, dan musik. Pemenangnya dipilih oleh masyarakat dan penggemar melalui proses pemungutan suara.

Keberhasilan Jungkook dan Stray Kids mencerminkan dukungan yang kuat dari penggemar mereka dan menunjukkan pengaruh besar K-pop di kancah musik internasional. Meskipun Jungkook sedang menjalani tugas militernya, kehadiran dan prestasinya tetap menjadi berita baik bagi para penggemar dan industri hiburan secara keseluruhan.