Aksi protes yang diadakan para pengemudi truk di Korea Selatan mulai berdampak pada kegiatan ekonomi negara itu, salah satunya pengiriman chip Samsung Electronics.
Dunia

Produksi Chip Samsung Terganggu Akibat Protes Pengendara Truk di Korea Selatan

  • Produksi chip semikonduktor Samsung Electronics di China mengalami hambatan akibat protes yang dilakukan pengemudi truk di Korea Selatan.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

SEOUL - Produksi chip semikonduktor Samsung Electronics di China mengalami hambatan akibat protes yang dilakukan pengemudi truk di Korea Selatan.

Pengumuman ini disampaikan oleh Asosiasi Perdagangan Internasional Korea (KITA) pada hari Selasa, 14 Juni 2022, seperti dikutip dari Reuters.

KITA menyatakan bahwa perusahaan Korea Selatan yang memproduksi isopropyl alcohol (IPA) harus menghadapi kesulitan pengiriman ke perusahaan di China. Material IPA merupakan bahan mentah untuk membersihkan chip yang nantinya dikirim ke pabrik Samsung Electronics di Xian, China.

Perusahaan itu menghasilkan chip memori NAND yang digunakan untuk penyimpanan di pusat data, smartphone, dan teknologi gawai lainnya.

Para pengemudi truk telah menjalankan protes sejak awal bulan Juni yang menggangu produksi, memperlambat aktivitas pelabuhan, dan memblokir ekspor bahan utama untuk chip. 

Para pengemudi truk di Korea Selatan mengadakan protes terkait lonjakan harga bahan bakar, menuntut kenaikan upah, dan perpanjangan subsidi tarif angkutan yang berlaku sejak pandemi.

Mereka juga menuntut agar aturan itu berlaku bagi truk-truk lainnnya, bukan hanya truk kontainer dan semen.

Selain mengganggu produksi chip, protes ini juga mengganggu lini bisnis lain seperti pengiriman produk baja dan sektor otomotif.

Aksi ini dikhawatirkan dapat menjadi risiko baru bagi rantai pasokan global yang tengah terganggu.