image_1.jpg
Industri

Produsen Mobil FAW China, Alami Peningkatan Ekspor 172 Persen

  • FAW juga berhasil membangun tiga anak perusahaan di Eropa Timur, Afrika Selatan, dan Tanzania, serta mempekerjakan lebih dari 300 tenaga kerja lokal.

Industri

Muhammad Imam Hatami

BEIJING - Salah satu produsen mobil terkemuka asal China FAW Group, berhasil mencatatkan peningkatan ekspor kendaraan mereka  dalam paruh pertama tahun ini. Ekspor otomotif FAW tercatat tumbuh sebesar 172%, dengan berhasil menjual 5.003 unit di pasar luar negeri. Ekspor FAW di pasar global telah menjangkau 85 negara, termasuk Eropa, Afrika, Asia Tenggara, dan Amerika Latin. Didukung oleh 120 perusahaan penyalur di luar negeri, FAW berhasil mengekspor sekitar 400.000 unit mobil. 

Dilansir China Daily, Senin, 31 Juli 2023, salah satu produk otomotif FAW, model Jiefang dan Bestune juga berhasil mencatat kenaikan ekspor yang mencolok masing-masing sebesar 122% dan 127%. FAW juga berhasil membangun tiga anak perusahaan di Eropa Timur, Afrika Selatan, dan Tanzania, serta mempekerjakan lebih dari 300 tenaga kerja lokal. 

Melalui berbagai proyek kerja sama yang strategis, FAW telah meningkatkan kapasitasnya di pasar internasional dan membangun rantai industri otomotif yang terintegrasi di pasar global.  Rantai industri ini mencakup penelitian dan pengembangan, pengadaan barang, produksi, logistik, serta pemasaran. Inisiatif ini telah berhasil memperluas jangkauan produk premium FAW di pasar global.

FAW Group sedang merayakan pencapaian bersejarah pada 15 Juli lalu, ketika produsen mobil itu, memproduksi mobil ke-55 juta di Changchun, Provinsi Jilin, China Timur Laut. Sejak 13 Juli 1956, FAW telah mencatatkan prestasi penting dengan memproduksi truk Jiefang, mobil pertama yang dibuat di dalam negeri Tiongkok. 

FAW juga merupakan produsen mobil penumpang pertama di China, yaitu Dongfeng, selain itu FAW berhasil meluncurkan produk premiumnya berupa sedan mewah pertama buatan Tiongkok, Hongqi. Keberhasilan ini telah menjadikan FAW sebagai simbol kemajuan industri otomotif Tiongkok.

Dalam 70 tahun perjalanannya, FAW Group telah mencapai pertumbuhan yang mengesankan, melakukan ekspansi, dan inovasi yang menghasilkan pencapaian luar biasa. Pendapatan operasional FAW US$1,16 triliun atau sekitar Rp17,4 kuadriliun, dengan laba bersih dan pajak penghasilan FAW mencapai US$249 miliar atau sekitar Rp.3,74 Kuadriliun.

Dalam usaha mengembangkan bisnisnya FAW Group juga menjalin kemitraan yang telah berlangsung selama 35 tahun dengan Volkswagen dan Audi. Ketiga pihak meneken nota kesepahaman untuk memperluas kerja sama strategis di Changchun. FAW dan Volkswagen berkomitmen untuk meningkatkan portofolio produk Volkswagen, menggencarkan pengembangan kendaraan listrik, serta menggunakan berbagai teknologi buatan Tiongkok.