Ilustrasi pekerja kantoran. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Profesi Ini Janjikan Gaji Tinggi Meski Hanya Lulusan SMA

  • Sejumlah profesi menjanjikan karier yang baik serta jabatan tinggi meski Anda hanya lulusan SMA.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Lulusan SMA seringkali dipandang rendah saat mencari kerja. Meski punya kemampuan, para lulusan SMA biasanya ditempatkan di posisi yang lebih rendah dibanding mereka yang lulusan sarjana. Tentu saja, hal ini menyebabkan gaji lulusan SMA lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang lulusan sarjana.

Meski begitu, sejumlah profesi menjanjikan karier yang baik serta jabatan tinggi meski Anda hanya lulusan SMA. Mengutip berbagai sumber, berikut sejumlah pekerjaan dengan gaji tinggi untuk para lulusan SMA.

1. Sales Marketing

Profesi sebagai staf penjualan atau sales marketing cocok untuk Anda yang lulusan SMA. Berhadapan dengan banyak orang untuk menjajakan produk, profesi ini menjanjikan cuan tambahan untuk Anda.

Tak hanya mendapat gaji pokok, saat mencapai target yang ditetapkan perusahaan, Anda bisa saja mendapat insentif dari perusahaan yang mungkin besarnya lebih dari gaji pokok Anda.  

Selain gaji yang cukup tinggi, tim sales tentunya memiliki jenjang karier. Karenanya, memilih posisi ini di perusahaan cocok bagi lukusan SMA yang ingin punya penghasilan tinggi.

2. Koki

Koki adalah satu pekerjaan yang bisa digeluti oleh lulusan SMA atau SMK  tata boga. Para koki punya jalan untuk mengembangkan kariernya hingga menjadi chef di restoran, hotel bintang 5, atau kapal pesiar.

Diperkirakan gaji seorang koki lumayan besar apalagi kalau menjadi koki di restoran terkenal ataupun di hotel bintang 5.

3. Anak Buah Kapal atau Pelayar

Anak buah kapal (ABK) atau pelayar merupakan profesi yang tak perlu jenjang pendidikan tinggi. Tapi perlu diketahui, ini merupakan profesi dengan memiliki risiko tinggi karena terus berada di atas lautan.  

Meski demikian, Anda bisa ikut berlayar ke luar kota bahkan ke luar negeri dalam jangka waktu yang lama. Nilai plusnya, pekerjaan memungkinkan Anda bisa ikut jalan-jalan, memiliki pengalaman yang menegangkan, sekaligus mendapatkan gaji tinggi.

4. Pramugari

Pramugari atau pramugara menjadi salah satu profesi yang banyak diminati lulusan SMA atau SMK. Selain dapat bonus jalan-jalan,  profesi ini diketahui memiliki gaji besar dengan relasi kerja.

Meski demikian, menjadi pramugari bukanlah perihal mudah. Anda wajib bisa berbahasa Inggris dan memiliki penampian yang mumpuni seperti tinggi badan tertentu.

Tak hanya itu, sebelum  terjun menjadi profesi ini biasanya akan ada pendidikan atau pelatihan terkait dunia penerbangan terlebih dahulu.