Anthoni Salim.
Korporasi

Profil Anthoni Salim, Konglomerat yang Kembali Gabung Grup Bakrie

  • Bos Indofood, Anthoni Salim, belakangan menjadi buah bibir usai dikabarkan kembali membeli saham PT Darma Henwa Tbk (DEWA), perusahaan pertambangan dan energi milik Grup Bakrie.
Korporasi
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Bos Indofood, Anthoni Salim, belakangan menjadi buah bibir usai dikabarkan kembali membeli saham PT Darma Henwa Tbk (DEWA), perusahaan pertambangan dan energi milik Grup Bakrie

Masuknya Anthoni Salim ke saham Darma Henwa disebut bakal terjadi saat rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), 14 Juni 2023. Orang terkaya kelima di Indonesia versi Forbes itu memang tengah bersemangat masuk ke bisnis sektor pertambangan dan energi. 

Tahun lalu Anthoni Salim diketahui menginvestasikan dana US$1,6 miliar di perusahaan tambang batu bara, Bumi Resources. Tahun ini pengusaha dengan kekayaan US$7,5 miliar (Rp111,5 triliun) itu siap mengakuisisi sejumlah saham perusahaan terafiliasi yang Grup Bakrie, menurut sumber terpercaya TrenAsia.com

Agresivitas dan insting bisnis Anthoni Salim tak lepas dari sang ayah, Sudono Salim, pengusaha besar yang dikenal dekat dengan pemimpin Orde Baru Soeharto. Anthoni atau Liem Hong Sien adalah anak bungsu dari tiga bersaudara mendiang Sudono Salim. 

Kesuksesannya mengelola Indofood menjadi salah satu pencapaian besar Anthoni selama ini.  Forbes mencatat produksi Indomie disebut memberikan pendapatan sekitar US$6,4 miliar atau setara Rp96 triliun pada Anthoni Salim. Gelimang harta itu membuat sang taipan berada di posisi kelima dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Punya Saham di Hong Kong

Pengusaha kelahiran Kudus itu juga masuk daftar 500 orang terkaya dunia merujuk data Bloomberg Billionaires Index. Selain Indofood, Anthoni merupakan sosok di balik gurita jaringan minimarket Indomaret. 

Saat ini Anthoni Salim turut mengomando Grup Salim dengan investasi di bidang ritel, perbankan, makanan, energi hingga komunikasi. Keluarga Salim juga tercatat memiliki saham di perusahaan investasi yang berbasis di Hong Kong, First Pacific. 

Di Darma Henwa, Anthoni disebut bakal menempatkan Teguh Boentoro yang notabene orang kepercayaannya. Teguh yang notabene Komisaris PT Bumi Resources Minerals Tbk akan masuk jajaran komisaris Darma Henwa. “Betul (Anthoni Salim masuk Darma Henwa). Teguh Boentoro (Yang akan masuk ke Darma Henwa),” ujar sumber internal Grup Bakrie tersebut, Selasa, 13 Juni 2023.