Autopedia logo.Sumber, autopedia.id
Pasar Modal

Profil Autopedia Sukses Lestari, Saham ASLC Dijual Rp256 Hari Ini

  • PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) menjadi emiten ketiga yang listing pada 2022.
Pasar Modal
Merina

Merina

Author

JAKARTA - PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pagi ini, Selasa, 25 Desember 2022.  Anak usaha milik PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) ini menjadi emiten ketiga yang listing pada 2022.

Saham Autopedia diperdagangkan dengan harga Rp256 per lembar saham. Berdasarkan prospektus perseroan, Autopedia menawarkan 2.549.271.000 saham atau setara 20% saat initial public offering (IPO). Dengan demikian, perseroan menargetkan pendapatan listing sebesar Rp652,61 miliar.

Berdasarkan catatan TrenAsia.com, dana hasil IPO akan digunakan sebesar 64,71% untuk pembelian kendaraan bekas, sebagai modal kerja perseroan dalam usaha jual beli kendaraan bekas, serta sisanya akan digunakan untuk pelunasan seluruh pinjaman perseroan ke perusahaan induk.

Adapun pemegang saham perseroan saat ini ialah ASSA sebesar 97%, Prodjo Sunarjanto Sekar Pantjawati1%, Jany Candra 1%, dan Hindra Tanujaya 1%. Sehingga dengan adanya gelaran IPO ini, kepemilikan saham ASSA terhadap perseroan akan berkurang menjadi 77%.

Dalam IPO ini, perseroan telah menunjuk Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk dan  Ciptadana Sekuritas Asia, sebagai partisipasi admin dan penjamin emisi efek yang akan membatu jalannya proses IPO perseroan.

Profil Autopedia 

Autopedia merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor Consumer Cyclicals dengan sub sektor Automotive Retail. Perseroan lahir dengan nama PT Adi Sarana Lelang, berkedudukan di Jakarta Utara, didirikan berdasarkan Akta Pendirian No. 93 tanggal 18 November 2013.

Perseroan merupakan perusahaan  yang bergerak di bidang usaha balai lelang melalui enitisas anak seperti PT JBA Indonesia memiliki prioritas bisnis untuk menjadi wadah jual beli kendaraan, CAROLINE.id dalam bisnis jual beli mobil. Cartalog Layanan ini akan hadir sebagai situs valuasi harga mobil bekas berbasis teknologi Artificial Intelligence.

Komisaris  perseroan diisi oleh  Arif Rachmat, Prodjo Sunarjanto Sekar Pantjawati, Erida Iriawan Ibarat,  danSelvy Monalisa. Dengan jajaran direksi Jany Candra, Deborah Debyanti Sugiarto

Berdasarkan laporan keuangan, perseroan memperoleh pendapatan sebesar Rp135,281 miliar per 30 September 2022. Sementara total aset perseroan sebanyak Rp430,825 miliar, dengan aset lancar Rp171,879 miliar dan aset tidak lancar Rp258,979 miliar.