Bagaskara Ikhlasulla Arif
Nasional

Profil Bagaskara Ikhlasulla Arif, Keponakan Jokowi yang Diangkat Jadi Manager di Pertamina

  • Keponakan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bagaskara Ikhlasulla Arif, baru-baru ini telah diangkat menjadi Manager Non-Government Relations PT Pertamina (Persero), terhitung sejak Maret 2024 lalu.

Nasional

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Keponakan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bagaskara Ikhlasulla Arif, baru-baru ini telah diangkat menjadi Manager Non-Government Relations PT Pertamina (Persero), terhitung sejak Maret 2024 lalu.

PT Pertamina (Persero) mengonfirmasi, Bagaskara Ikhlasulla Arif, yang merupakan saudara dari Presiden atau keponakan Jokowi, telah memperoleh jabatan sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero). 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Bagaskara telah diangkat sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).

Meski Bagaskara adalah keponakan Jokowi, Fadjar memastikan perekrutannya dilakukan melalui jalur profesional, dan Pertamina mempertimbangkan penempatannya semata-mata berdasarkan kompetensinya.

Fadjar juga menambahkan, Bagaskara memulai karirnya di Pertamina sejak tahun 2021. Dua tahun setelah bergabung, karier Bagaskara langsung melejit dengan menduduki posisi strategis sebagai manajer di Pertamina.

“Benar per Maret 2024. Masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional,” tutur Fadjar, pada Kamis 6 Juni 2024.

“Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya,” terangnya.

Sebelumnya, tulisan Bagaskara di akun LinkedIn menjadi viral ini usai keponakan Jokowi membagikan pesan mengenai jabatannya yang baru di Pertamina.

I’m happy to share that I’m starting a new position as Manager Non Government Relation at PT Pertamina (Persero)!

Namun, saat ini profil Bagaskara di LinkedIn sudah tidak tersedia lagi.

Profil Bagaskara Ikhlasulla Arif

Bagaskara Ikhlasulla Arif adalah anak dari Arif Budi Sulistyo dan Titik Relawati. Titik Relawati, ibu dari Bagaskara, adalah adik bungsu dari Presiden Joko Widodo. Dengan demikian, Bagaskara adalah sepupu dari Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Bagaskara menempuh pendidikan di SMA N 4 Surakarta. Setelah lulus, ia melanjutkan kuliah di Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada.

Setelah menyelesaikan kuliah, Bagaskara bekerja di Bank BRI. Selama 10 tahun berkiprah di BRI, ia pernah menjabat sebagai Vice President Government Relation and CSR. Setelah itu, ia beralih bekerja di PT Pertamina.

Pada tahun 2001, Bagaskara pernah ditunjuk sebagai Senior Expert Government Relation. Saat ini, ia menjabat sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).

Pada tahun 2022, Bagaskara menikah dengan kekasihnya yang bernama Ima Qoyyimah. Resepsi pernikahan mereka diadakan di Gedung Graha Saba Buana, Solo pada Sabtu, 12 Maret 2022.

Presiden Jokowi turut hadir sebagai saksi dalam akad nikah mereka.