Darma Mangkuluhur Hutomo, cucu Presiden Soeharto.
Korporasi

Profil Darma Mangkuluhur Komisaris Utama GOLF, Ini Daftar Gurita Bisnisnya

  • Nama Darma Mangkuluhur Hutomo kembali menarik perhatian usai PT Intra Golflink Resorts Tbk (GOLF) bakal melantai di Bursa Efek Indonesia.

Korporasi

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Nama Darma Mangkuluhur Hutomo kembali menarik perhatian usai PT Intra Golflink Resorts Tbk (GOLF) bakal melantai di Bursa Efek Indonesia. Pasalnya, anak Tommy Soeharto itu juga turut menjadi bagian perusahaan yang menduduki jabatan sebagai Komisaris Utama. 

Pada awal tahun ini perusahaan yang ia pimpin sebetulnya telah mengemparkan publik setelah mengucurkan dana senilai Rp1,2 triliun untuk membangun lapangan golf seluas 70 Hektare (Ha) di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Lokasi lapangan ini sekitar 9 kilometer (km) dari Palm Hills Golf Club.

Darma menjelaskan investasi ini akan menggantikan Palm Hills Golf Bogor yang sudah beroperasi sejak 1993 silam. “Sementara itu, Intra Golflink Resorts akan membangun total 13 cluster residensial di atas lahan golf lama tersebut hingga 2027 mendatang. Total luas lahan di kawasan itu mencapai 94 Ha,” kata dia pada 6 Februari 2024. 

Selain di Sentul, perusahaan juga akan melakukan pengembangan untuk asetnya yang berada di Bali. Ketika itu Darma menjelaskan jika Intra Golflink Resorts akan mendirikan boutique luxury hotel dan melakukan revitalisasi hotel dan vila yang sudah ada di sekitar New Kuta Golf Bali.

"Kami berkomitmen untuk menjaga dan menumbuhkan ekosistem lifestyle di olahraga golf ini agar bisnis IGR bisa sustain. Kami berani investasi dengan nilai yang besar demi meningkatkan kinerja di masa mendatang," jelas Darma.

Nah rencana itu kemudian direalisasikannya dengan membawa Intra Golflink Resorts listing di BEI. Pasalnya, dari realisasi mayoritas penggunaan dana IPO akan digunakan oleh GOLF melalui entitas anak usahanya PT New Kuta Golf & Ocean View (NKG) untuk pengembangan hotel di Jimbaran, Bali. 

Profil dan Gurita Bisnis

Pertanyaannya adalah, bagaimana kiprah Darma dalam dunia bisnis dan profil pendidikannya? Mengingat ia adalah cucu Presiden Soeharto yang lahir dari pasangan Tommy Soeharto dan Tata Cahyani. 

Tak mengherankan, ia mewarisi gurita bisnis Presiden Soeharto, termasuk PT Intra Golflink Resorts yang didirikan pada 2005 lalu. Perusahaan yang dalam waktu dekat akan IPO ini memiliki empat anak usaha. 

Anak usaha tersebut antara lain PT Sentul Golf Utama yang mengelola Palm Hills Golf Club Bogor, PT New Kuta Golf And Ocean View yang mengurus New Kuta Golf Ball, PT Belitung Golf And Resorts yang mengelola Black Rocks Hotel & Golf Belitung, serta PT New Kuta Condotel yang bergerak di bidang properti dan pariwisata.

Di usia 25 tahun, Darma juga menjabat sebagai komisaris di PT Wisma Purnayudha Putra, sebuah perusahaan properti eksklusif dan premium di Jakarta seperti Mangkuluhur City Office Tower, yang dikelola oleh ayahnya.

Darma juga mengumpulkan kekayaannya dari posisinya sebagai presiden PT Humpuss Land, anak usaha Humpuss Group yang dimiliki oleh ayahnya, bergerak di bidang properti, konstruksi, dan real estate.

Selain itu, Darma mengelola bisnisnya sendiri, seperti Lounge In The Sky Jakarta, restoran fine dining pertama di Indonesia yang memberikan pengalaman makan di ketinggian 50 meter. Ada juga BOCA RICA Tapas Bar & Lounge, restoran bergaya Spanyol yang beroperasi di Jakarta.

Sebelum terjun ke dunia bisnis, Darma menyelesaikan pendidikan SMA di Overseas Family School, Singapura pada 2016, dan melanjutkan kuliah di EU Business School, Barcelona, Spanyol, lulus pada 2019.

Di samping bisnis, Darma aktif di dunia olahraga, khususnya balap. Ia mulai terjun ke dunia balap sejak usia 8 tahun sebagai bagian dari Humpuss Junior Racing Team. Darma banyak mengikuti kompetisi balap tingkat nasional dan internasional, seperti Asia Karting Open Championship 2012 saat berusia 14 tahun, serta enam seri Asia Cup Formula Master pada 2014 dan Asian Formula Renault pada 2015.