Acara peresmian Gedung baru KGN oleh Prabowo Subianto
Nasional

Profil Garudayaksa, Koperasi Prabowo yang Terseret Dugaan Dana Kampanye Ilegal

  • Terdapat tiga prinsip utama yang dimiliki KGN. Pertama, Mutual Cooperation yang berartikan usaha bersama-sama lebih kuat daripada usaha sendiri-sendiri. Kedua, Self-Help yakni tidak akan berubah nasib suatu kaum, melainkan kaum itu sendiri yang mau merubahnya. Ketiga adalah Discipline di mana disiplin dan keteraturan akan mempermudah menuju cita-cita.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Nama Koperasi Garudayaksa Nusantara tengah mencuat ke publik saat adanya dugaan aliran dana kampanye ilegal yang mengalir ke koperasi tersebut. Dana itu diketahui berasal dari rekening berinisial MIA. Dana yang dialirkan berasal dari penyalahgunaan fasilitas pinjaman BPR di salah satu daerah Jawa Tengah. 

Dana dari fasilitas pinjmanan BPR tersebut disetorkan ke rekening MIA yang kemudian dipindahkan kembali ke beberapa perusahaan seperti PT BMG, PT PHN, PT BMG, PT NBM, dan beberapa individu termasuk Koperasi Garudayaksa Nusantara. 

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah mendeteksi adanya transaksi janggal yang diduga untuk membiayai kegiatan kampanye pada Pemilu 2024. Terlepas dari hal tersebut, bagaimana sebenarnya profil Koperasi Garudayaksa Nusantara? 

Koperasi Garudayaksa Nusantara atau KGN Coop diprakarsai Prabowo Subianto yang kini merupakan seorang Menteri Pertahanan, Ketua Partai Gerindra, dan Calon Presiden pada pemilu 2024. Dalam laman resminya, Prabowo mendirikan koperasi tersebut bersama sekumpulan putra dan putri terbaik Indonesia.

Latar belakang pendirian koperasi tersebut yaitu hati dan jiwanya yang ingin melihat Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dimana rakyatnya mampu menjadi bangsa yang produktif dan menyediakan kebutuhannya sendiri. Dalam laman tersebut disampaikan KGN Coop adalah alat perjuangan ekonomi untuk membawa kesejahteraan kepada sebanyak-banyaknya rakyat Indonesia.

Koperasi Garudayaksa Nusantara merupakan Koperasi Primer Nasional. Kata Primer diartikan bahwa anggota koperasi ialah setiap orang. Kemudian Nasional diartikan sebagai koperasi yang memiliki wilayah kerja secara nasional/dapat beroperasi di seluruh Indonesia. 

Kantor pusat Koperasi besutan Prabowo itu berada di Jl RM Harsono 54, Ragunan, Jakarta-12550.  Terdapat tiga prinsip utama yang dimiliki oleh KGN. Pertama, Mutual Cooperation yang berartikan usaha bersama-sama lebih kuat daripada usaha sendiri-sendiri. 

Kedua, Self-Help yakni tidak akan berubah nasib suatu kaum, melainkan kaum itu sendiri yang mau merubahnya. Ketiga adalah Discipline di mana disiplin dan keteraturan akan mempermudah menuju cita-cita.

Terdapat enam unit usaha yang dibidangi oleh KGN. Pertama yaitu KGN Bank sebagai unit usaha yang bergerak di bidang keuangan. Tidak hanya simpan pinjam, namun investasi, asuransi dan lain sebagainya. 

Usaha kedua KGN yaitu mikro industri. Bidang ini dirancang berdasarkan potensi pasar dan sumber daya nasionan dengan pengelolaan secara profesional basis semangat gotong royong untuk menumbuhkan kesadaran dan kemandirian wirausaha.

Dengan begitu maka tidak bergantung pada pengaruh luar sekaligus mampu memaksimalkan potensi lokal. Industri yang digerakkan meliputi industri rice mill, merchandise, susu, sepatu, dan batik. 

Unit usaha ketiga yaitu trading dimana merupakan unit usaha perdagangan KGN yang mendistribusikan berbagai barang kebutuhan dasar dalam jumlah/partai besar. Keempat, terdapat unit usaha travel dimana menjadi sarana solusi atas berbagai kebutuhan terkait rencana perjalanan masyarakat, khususnya bagi mereka yang sudah menjadi anggota KGN. 

Sistem layanan ini memungkinkan siapapun mendapatkan akses kemudahan di bidang perjalanan dengan harga yang lebih terjangkau. Kelima, unit usaha KGN yaitu bidang retail. Usaha KGN ini berbentuk unit penjualan yang berhubungan langsung dengan konsumen (business to custimer). 

Usaha retail KGN memiliki berbagai jenis yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Terakhir yakni Payment Point Online Bank (PPOB) dengan melayani pembayaran listrik, air, pulsa, hingga BPJS.