Profil Jeremy Doku pemain baru Manchester City
Olahraga

Profil Jeremy Doku Pemain Anyar Manchester City Seharga Rp1 Triliun

  • Manchester City sepakat tebus Jeremy Doku dari Rennes dengan harga 55,5 juta poundsterling atau setara Rp1 triliun.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Juara bertahan Liga Inggris Manchester City menyutujui harga transfer Jeremy Doku dari Rennes sebesar 55,5 juta poundsterling atau setara Rp1 triliun. (Asumsi kurs, Rp19.549 per satu pounds).

Melansir pemberitaan SkySports, Selasa 22 Agustus 2023, Jeremy Doku yang dibeli Rennes dari Anderlecht pada 2020 lalu itu telah setuju dengan ketentuan pribadi yang ditawarkan Manchester City.

Pemain berkebangsaan Belgia akan resmi hengkang dari Rennes setelah menjalani tes medis yanh telah dijadwalkan pada akhir pekan ini. Akan tetapi masih belum diketahui secara pasti besaran kontrak dan gaji yang bakal diterima Jeremy Doku di Manchester City.

Menurut laman SalarySport.com, Jeremy Doku yang masih memiliki kontrak dengan Rennes hingga 2025 menerima gaji sebesar 676 ribu pounds atau Rp13 miliar per tahun. Penghasilan pemain 21 tahun itu kemungkinan bakal meningkat signifikan setelah bergabung dengan Mancheter City.

Jeremy Doku dapat dikatakan opsi yang tepat untuk menggantikan posisi Riyad Mahrez yang hijrah ke klub Arab Saudi Al Hilal pada beberapa waktu lalu. Di sisi lain stok winger asuhan Pep Guardiola juga hampir tidak ada di tengah jadwal kompetisi yang padat.

Meski sering menderita cedera, pada musim lalu, Jeremy Doku menjadi sosok pembeda bagi Rennes dengan memainkan  29 pertandingan dengan total 7 gol dan 4 assist di semua kompetisi. Ada kemungkinan statistik itu meningkat ketika dipoles Pep Guardiola.

Dengan demikian, pemain Belgia itu akan menjadi rekrutan ketiga Manchester Citu  di bursa transfer pemain 2023, setelah mendatangkan Mateo Kovacic dari Chelsea seharga Rp477 miliar dan Rp1,5 trilin untuk membeli Josko Gvardiol dari RB Leipzig.

Profil Jeremy Doku

Jeremy Doku adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Belgia. Dia lahir pada 27 Mei 2002 di Anderlecht, Belgia. Doku dikenal karena kecepatan, keterampilan dribbling, dan potensinya sebagai pemain muda yang menjanjikan.

Karir sepak bolanya dimulai di Anderlecht, klub asal Belgia. Jeremy Doku bergabung dengan akademi Anderlecht pada usia muda dan dengan cepat menarik perhatian sebagai pemain berbakat. Ketika usia 16 tahu, ia membuat debut profesionalnya untuk Anderlecht pada 2018. Kehadirannya yang mengesankan di lapangan itu langsung menjadi sorotan para pemandu bakat.

Terbukti, pada 2020, Jeremy Doku pindah ke klub Liga 1 Prancis, Rennes, dengan biaya transfer yang cukup besar untuk seorang pemain muda. Di Rennes, dia terus menunjukkan perkembangan dan potensi besar sebagai pemain sayap yang lincah dan cepat. Penampilannya di liga Prancis juga membawanya ke perhatian tim nasional Belgia.

Jeremy Doku membuat debutnya untuk tim nasional senior Belgia pada tahun 2020. Dia menjadi salah satu pemain muda yang dipanggil untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Eropa 2020, di mana Belgia mencapai perempat final.