Pengiriman Rangkaian Kereta Eksekutif New Generation milik KA Taksaka ke Yogyakarta usai menjalani pengecekan di Balai Yasa Surabaya Gubeng, Jumat 12 Januari 2024
Nasional

Profil KA Taksaka, Naga Besi Penghubung Jogja-Jakarta

  • PT Kereta Api Indonesia baru saja mengubah rangkaian Kereta Api Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir PP dengan menggunakan Kereta Eksekutif New Generation dan
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia baru saja mengubah rangkaian Kereta Api Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir PP dengan menggunakan Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation terhitung sejak 18 Januari 2024. 

Inisiatif ini sebagai bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation dari PT INKA (Persero) selama periode tahun 2023-2026. Kereta Eksekutif New Generation yang digunakan oleh KA Taksaka memiliki corak eksetior yang berbeda daripada rangkaian kereta pada umumnya. 

Rangkaian baru ini menggunakan paduan corak biru dan oren yang membalut keretanya. Terdapat tulisan identitas “TAKSAKA” pada sisi kanan kiri tiap unit kereta. Lantas, bagaiamana profil kereta penghubung Yogyakarta-Jakarta tersebut? 

KA Taksaka diluncurkan oleh PT KA pada 19 September 1999. Peluncuran kereta ini saat itu berbarengan dengan ulang tahun Eddy Haryoto selaku Direktur Umum PT KA saat itu. Seremonial perjalanan perdana KA Taksaka dilakukan di Stasiun Tugu Yogyakarta oleh Dirut PT KA dan Sri Sultan Hamengkubuwono X. 

KA Taksaka mengusung layanan kereta kelas eksekutif satwa. Saat itu, kelas ini memiliki tingkatan berada tepat di bawah kelas eksekutif argo. Disebut sebagai kereta kelas “eksekutif satwa” sebab nomenklatur penamaannya menggunakan nama hewan dalam tokoh pewayangan sebagaimana halnya penamaan pada KA Turangga, Sembrani, Sancaka, dan lain sebagainya. Taksaka sendiri memiliki arti sebagai seekor naga dalam kisah Mahabharata. 

Kereta ini pada awal peluncurannya melayani perjalanan malam baik dari dan ke arah Jakarta maupun Yogyakarta. Okupansi penumpang yang dinilai ramai dan sukses menyebabkan PT KA saat ini menambah perjalanan KA Taksaka. Kali ini KA Taksaka juga melayani perjalanan pagi-siang di rute yang sama dan resmi diluncurkan pada 17 Oktober 2001. 

Rupanya, KA Taksaka memang menjadi andalan untuk penglaju Jakarta-Yogyakarta terutama pada masa liburan dan lebaran tiba. Terbukti pada masa libur lebaran  dan nataru 2023, perjalanan KA Taksaka sempat ditambah perjalanannya sehingga dari Jogja dan Gambir terdapat 3 kali keberangkatan setiap harinya. 

Branding Hype Trip

KA Taksaka “Hype Trip” melintas Jembatan Kali Progo (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)

Setelah dua dasawarsa melayani perjalanan Jogja-Jakarta, KA Taksaka mendapatkan branding baru. Branding tersebut bertajuk Hype Trip: Traveling Feel More Fun. Perjalanan KA Taksaka mengusung konsep kekinian dengan nuansa dan fasilitas yang berbeda mulai dari menu makanan, fasilitas permainan, seragam kru, hingga livery dengan vibes milenial.

Branding tersebut mulai diperkenalkan kepada publik oleh PT KAI pada 23 September 2022. Tidak tanggung-tanggung, seluruh rangkaian KA Taksaka dibalut stiker berwarna biru dengan tulisan Hype Trip dan ornament-ornamen kekinian. Bagian interior kereta juga diberi ornament serupa yang menjadi ciri khas branding tersebut. Tidak ketinggalan, terdapat dua lokomotif dengan stiker serupa yang dikhususkan berdinas rangkaian tersebut.

Dirut PT KAI, Didiek Hartantyo mengungkapkan jika branding Hype Trip diaplikasikan pada KA Taksaka sebagai pilot project sebab banyak pelanggan dari KA Taksaka yang berasal dari Gen Y dan Z. Hal itu berdasarkan data, pada periode Januari s.d Juni 2022 sebanyak 58 persen atau 2,7 juta pelanggan KA Taksaka berusia 12-41 tahun.

Berganti Rangkaian Baru

Rangkaian Kereta Eksekutif New Generation pada KA Taksaka (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)

KA Taksaka mulai berganti rangkaian baru terhitung sejak 18 Januari 2024. Kereta tersebut merupakan produk baru PT INKA. KA Taksaka menjadi kereta ketiga yang berganti rangkaian menjadi Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation setelah dua kereta argo asal Solo (Argo Dwipangga & Argo Lawu) terlebih dahulu mendahului berganti pada Desember 2023. 

Kereta baru itu memiliki sederet fasilitas mulai dari pintu elektrik otomatis yang  mempermudah proses masuk dan keluar penumpang, Sistem Passenger Information Display (PIDS) sebagai penunjang utama dalam memberikan pengalaman perjalanan yang informatif dan terkini hingga adanya USB charger port yang terdapat pada setiap kursi.

Selain itu, keamanan dan kenyamanan pada rangkaian baru ini ditingkatkan melalui penggunaan jendela double glass. Teknologi ini tidak hanya mampu meningkatkan keamanan perjalanan dengan material yang tahan terhadap benturan, tetapi juga memberikan isolasi suara dan kontrol suhu yang lebih baik.