Direktur Utama PT MD Pictures Tbk (FILM) Manoj Punjabi.
Nasional

Profil Manoj Punjabi, Pendiri MD Entertainment yang Mengakuisisi NET TV

  • Direktur dan Dewan Komisaris PT Net Visi Media Tbk atau NET TV (NETV) serempak mengundurkan diri. Stasiun televisi swasta ini mengumumkan mundurnya tujuh anggota jajaran pimpinan perusahaan pada Senin, 7 Oktober 2024.

Nasional

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Direktur dan Dewan Komisaris PT Net Visi Media Tbk atau NET TV (NETV) serempak mengundurkan diri. Stasiun televisi swasta ini mengumumkan mundurnya tujuh anggota jajaran pimpinan perusahaan pada Senin, 7 Oktober 2024.

Sekretaris Perusahaan PT Net Visi Media Tbk Shinta Trisnawati menjelaskan, pengunduran diri secara kolektif ini adalah langkah yang diambil Perseroan, yang selanjutnya akan diproses sesuai dengan ketentuan dalam anggaran dasar perusahaan serta peraturan yang berlaku.

Meski beberapa pimpinan utama mengundurkan diri, manajemen Perseroan menegaskan hal ini tidak akan berdampak material terhadap operasional perusahaan. Proses bisnis dan kelangsungan usaha akan tetap berjalan seperti biasa, dengan perusahaan berkomitmen untuk terus melaksanakan strategi bisnisnya secara optimal.

Adapun, pengunduran komisaris dan direksi perusahaan terjadi di tengah rencana akuisisi NETV oleh PT MD Entertainment Tbk (FILM), yang dimiliki oleh Manoj Punjabi. PT MD Entertainment Tbk. (FILM), akan mengakuisisi 80,05% saham emiten kanal televisi NET TV dengan nilai transaksi sebesar Rp1,65 triliun.

Profil Manoj Punjabi

Dilansir dari mdentertainment, Manoj Punjabi adalah seorang produser film dan sinetron, sekaligus pendiri MD Entertainment, rumah produksi terbesar di Indonesia. Manoj Punjabi lahir pada 7 Desember 1972. Ia berasal dari keluarga keturunan India dan beragama Hindu.

Sejak awal, Manoj sudah tertarik dengan dunia film sejak dirinya sering mengunjungi rumah produksi keluarganya, Multivision Plus. Di sana, ia kerap menyaksikan proses pengeditan video dan berbagai aktivitas lainnya, sehingga dunia film adalah dunia yang ingin ditekuninya.

Manoj akhirnya bekerja di Multivision Plus, tetapi pada tahun 2001, setelah punya perbedaan visi dan misi dengan anggota keluarganya, ia memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tersebut.

Dilansir dari festivalfilm.id, sejak MD Entertainment didirikan pada 7 Februari 2003, Manoj bertekad untuk memberikan segalanya dan berkontribusi terbaik bagi industri pertelevisian di Indonesia. Sejak awal, ia telah merumuskan konsep usaha dengan jelas, bertujuan untuk menjadi yang terdepan dan terbaik di negara ini.

Menurut Forbes, harta kekayaan Manoj US$1,4 miliar atau setara Rp21,84 triliun. Ia juga termasuk salah satu konglomerat muda terkaya di Indonesia.

Manoj Punjabi, istrinya Shania dan orang tuanya Dhamoo dan Sunita mendirikan MD Media, cikal bakal perusahaan studio film terdaftar di Indonesia, MD Pictures. Perusahaan tersebut go public pada tahun 2018 melalui IPO senilai US$19 juta.

Raksasa teknologi dan hiburan China Tencent membeli 14,6% saham pada Oktober 2021. Shania menjabat sebagai presiden komisaris MD Pictures.