Profil Matt Cherevaty, Direktur Vale yang Mendadak Mundur Setelah 3 Bulan Menjabat
KPK Menunggu Nasib

Profil Matt Cherevaty, Direktur Vale yang Mendadak Mundur Setelah 3 Bulan Menjabat

  • Vale Indonesia Tbk (INCO) mengumumkan bahwa Matt Cherevaty mengundurkan diri sebagai Direktur PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

KPK Menunggu Nasib

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Vale Indonesia Tbk (INCO) mengumumkan bahwa Matt Cherevaty mengundurkan diri sebagai Direktur PT Vale Indonesia Tbk (INCO). 

Pengumuman ini disampaikan perusahaan melalui Corporate Secretary INCO dalam keterangan tertulisnya Jumat, 8 September yang menuturkan bahwa Perseroan telah menerima surat permohonan pengunduran diri Matt Cherevaty sebagai Direktur pada tanggal 7 September 2023.

Sebagai informasi, Matt Cherevaty diangkat sebagai Direktur PT Vale Indonesia Tbk pada Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 5 Mei 2023 dan memiliki periode jabatan selama tiga tahun hingga Mei 2026.

Lalu Siapakah Matt Cherevaty itu?

Dikutip dari laman resmi Vale, pria yang memiliki nama lengkap R Matthew Cherevaty ini genap berusia 48 tahun saat memutuskan untuk hengkang dari Vale. Ia memiliki kewarganegaraan Kanada dan berdomisili di Jakarta. 

Karier Matt Cherevaty 

Matt pertama kali memulai kariernya sejak tahun 1998 dengan bekerja sebagai Corporate Metallurgist di perusahaan Kanada Charles Tennant & Company. Setelah dua tahun bekerja disana, ia memutuskan untuk mencari kesempatan yang lebih baik dengan bekerja sebagai 

Research Metallurgist di Inco Technical Services Limited yang juga masih berlokasi di Kanada. 

Barulah pada akhir tahun 2001 ia mulai bekerja di perusahaan pertambangan mineral raksasa Vale, Kanada selama lebih dari 19 tahun. Beragam peran dilakoninya mulai dari plant metallurgist, technical projects leader, matte processing group leader, project engineer, hingga team leader. 

Terus mendapat promosi sebagai leader sejak tahun 2003, dirinya mulai mendapat tanggung jawab lebih sebagai general foreman atau mandor umum pada tahun 2006 hingga pertengahan tahun 2008. 

Pada tahun 2008, Cherevaty dipromosikan dengan posisi di jajaran top level manajemen sebagai superintendent selama kurang lebih 4 tahun. Barulah di tahun 2012, ia menjabat sebagai manager dan naik lagi menjadi business development manager.

Menginjak tahun 2021, Cherevaty mulai bergabung sebagai member board of directors di Vale Nickel China dan berlanjut di Korea Nickel Company.

Awal tahun 2023 hingga bulan Agustus dirinya memegang jabatan sebagai member of board commissioners di PT Sumbawa Timur Mining, dan member board of directors di Nickel Institute. 

Barulah pada bulan Mei, Cherevaty bergabung di PT Vale Indonesia sebagai director, join ventures dan sebagai member board of directors pada Mei 2023. 

Pendidikan Matt Cherevaty 

Cherevaty menempuh studi S1 nya di University of Toronto dengan jurusan Basc, Geological dan Mineral Engineering spesialisasi di Mineral Processing dari tahun 1993-1998. 

Ia melanjutkan pendidikannya dengan menempuh dual MBA di University of St.Gallen dengan jurusan International Business dan University of Toronto - Rotman School of Management dengan jurusan yang sama di tahun 2012-2014.