Michael Riady (kanan) bersama rekannya saat mengembangkan jenama kopi Tentera.
Industri

Profil Michael Riady, Cucu Pendiri Grup Lippo Mochtar Riady yang Kini Berbisnis Kopi

  • Nama Michael Riady belakangan menjadi pembicaraan hangat menyusul kolaborasinya dengan rapper kenamaan Amerika Serikat, Snoop Dogg.
Industri
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Nama Michael Riady belakangan menjadi pembicaraan hangat menyusul kolaborasinya dengan rapper kenamaan Amerika Serikat, Snoop Dogg. Kerjasama itu membuahkan sebuah jenama (merek) kopi bernama INDOxyz. Jenama yang mengangkat produk kopi Indonesia itu kini mulai dijual di Negeri Paman Sam. 

Di dunia pengusaha, nama Michael Riady tak bisa dilepaskan dari sosok Mochtar Riady. Michael adalah cucu Mochtar Riady yang notabene pendiri Grup Lippo. Meskipun sama-sama menyandang nama Riady, Michael tak hanya membuntut sang kakek ataupun ayahnya, Andrew Taufan Riady, dalam membangun bisnis. Lelaki berusia 42 tahun ini telah membangun imperium bisnisnya sendiri sejak 2014.

Berbekal sembilan tahun pengalaman di Grup Lippo, Michael merintis The Blacksteel Group yang bergerak di bidang properti. Perusahaan yang dulu bernama PT Bliss Property Indonesia ini fokus di bisnis pusat perbelanjaan di wilayah Indonesia timur. Blacksteel banyak membangun mal di wilayah Maluku hingga Nusa Tenggara Barat. 

Merambah Bisnis Kopi

Kesuksesan di bisnis properti tak membuat Michael puas. Peraih gelar Master of Business Administration (MBA) di University of California Los Angeles (UCLA) ini kemudian melirk bisnis kopi. Pada 2020, dia mulai mengembangkan bisnis kopinya dengan jenama Tentera. Dikutip dari ShoutOutLA, ide berbisnis kopi ternyata sudah muncul di benak Michael saat masih muda. “Sudah ada lebih dari satu dekade, tapi tidak pernah diterapkan karena waktunya tidak depat,” ujar Michael yang sempat bekerja di perusahaan terkenal di California seperti Fidelity Investments dan AIG SunAmerica.

Bisnis kopi mulai dijalankannya ketika dia merasa sudah cukup memiliki modal. Artinya, dia tak khawatir gagal karena sudah memiliki cadangan tabungan yang cukup. Sebagai pebisnis, Michael pun kini lebih matang untuk melebarkan sayap ke bidang lain. Melalui Tentera, ia ingin membawa kopi terbaik Indonesia dikenal hingga Negeri Paman Sam. “Kami ingin membuat rantai pasokan kopi menjadi lebih ramping dan mudah dikelola sehingga dapat memberikan kopi terbaik pada pelanggan.” 

Michael Riady semakin percaya diri berbisnis kopi Indonesia setelah bertemu Snoop Dogg. Dilansir dari laman INDOxyz, Michael memperkenalkan kopi lokal pada sang rapper saat berkunjung ke Indonesia. Musisi bernama asli Calvin Cordozar Broadus Jr. itu langsung kepincut dengan kopi Tanah Air hanya dalam satu tegukan. Snoop Dogg yang notabene pecinta kopi pun menggandeng Michael untuk mengembangkan jenama INDOxyz.

Sejauh ini ada dua jenis produk yang telah dirilis INDOxyz yakni kopi kaleng Organic Cold Brew seharga US$5,99 (Rp92.000) dan biji kopi Sumatra Gayo ukuran 340 gram seharga US$ 17,99 (Rp276.000). Saat ini INDO.xyz hanya dijual di Amerika Serikat dan dimulai sebagai produk eksklusif untuk peritel di California dan Las Vegas.