Prabu Revolusi (usahid.ac.id)
Nasional

Profil Prabu Revolusi yang Diangkat jadi Komisaris Kilang Pertamina Internasional

  • PT Pertamina (Persero) resmi mengangkat Prabunindya Revta Revolusi, atau yang lebih dikenal sebagai Prabu Revolusi, sebagai Komisaris Independen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI). Pengangkatan ini resmi dilakukan sejak awal Februari 2024.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) resmi mengangkat Prabunindya Revta Revolusi, atau yang lebih dikenal sebagai Prabu Revolusi, sebagai Komisaris Independen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI). Pengangkatan ini resmi dilakukan sejak awal Februari 2024.

Prabu Revolusi adalah mantan anggota Tim Pemenangan Nasional (TPN) dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Saat ini, dia telah beralih dukungan untuk mendukung pasangan 02, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Profil Prabu Revolusi

Dilansir dari berbagai sumber, Prabunindya Revta Revolusi, dilahirkan di Bandung pada tahun 1980. Dia menikah dengan Zee Zee Shahab sejak tahun 2011. Prabu, yang berusia 44 tahun, menyelesaikan pendidikan sarjana dalam bidang Teknik Fisika di Institut Teknologi Bandung (ITB). Prabu terlibat dalam beberapa proyek refinery automation atau otomatisasi kilang sebelumnya.

Selain itu, ia juga meraih gelar magister di Universitas Paramadina jurusan Komunikasi Politik pada 2017. Pada tahun 2022, dia juga berhasil mendapatkan gelar doktor dari Universitas Sahid.

Prabu memulai karirnya sebagai pembaca berita (news anchor) di Metro TV pada 2008. Kemudian, dia menjabat sebagai produser di stasiun televisi tersebut hingga April 2014.

Prabu melanjutkan karirnya di Rajawali Televisi (RTV) pada 2014 hingga 2015, di mana dia menjabat dalam beberapa posisi strategis. Dia bertanggung jawab sebagai Lead Anchor, Executive Producer, hingga Deputy Head of News Creative Committee.

Setelah meninggalkan RTV, Prabu bergabung dengan CNN Indonesia sebagai Senior News Anchor pada Juni 2015 hingga Desember 2019. Dia juga menjabat sebagai Manager of Digital Content Enrichment di CNN Indonesia dari Mei hingga Desember 2019.

Sementara menjalani studi magisternya pada tahun 2016, ia juga aktif sebagai dosen di Universitas Paramadina, mengajar di bidang Jurnalistik dan Komunikasi. Hingga saat ini, dia masih terlibat sebagai pengajar di almamaternya tersebut.

Prabu juga dikenal sebagai Co-Founder GoFit.id pada Desember 2019 hingga Juli 2021. Selama periode tersebut, dia menjabat sebagai Pimpinan Redaksi di portal media tersebut.

Pengalaman Prabu di bidang pemerintahan dimulai ketika dia diangkat sebagai Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia pada Oktober 2020 hingga Juli 2021. Setelah itu, dia kembali ke industri penyiaran dengan menjadi News Director dan Vice President Business Development serta Corporate Secretary di MNC Media.

Selain itu, Prabu memiliki pengalaman sebagai Chief Operating Officer (COO) di BuddyKu dan pernah menjabat sebagai Pimpinan Redaksi di iNewsTV.

Selain menjadi pembawa berita, dia juga mencoba di dunia hiburan sebagai seorang aktor. Debutnya dimulai dengan peran dalam film The Sacred Riana: Beginning pada tahun 2019.

Selanjutnya, dia terlibat dalam beberapa film lain seperti Serigala Langit pada tahun 2021, Dear Nathan: Thank You Salma pada tahun 2022, serta Kamu Tidak Sendiri pada 2022. Selain itu, dia juga tampil dalam serial web Asya Story pada tahun 2022.