Rahmad Erwin Abdullah Atlet Angkat Besi Peraih Medali Emas ke-5 Asian Games 2023
Olahraga

Profil Rahmat Erwin Abdullah Atlet Angkat Besi Peraih Medali Emas ke-5 Asian Games 2023

  • Atlet angkat besi Rahmat Erwin Abdullah berhasil menambah medali emas Indonesia di ajang Asian Games 2023, usai memenangkan cabang olahraga (cabor) angkat berat dengan nomor pertandingan 73kg putra.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Kabar gembira datang dari pagelaran Asian Games 2023. Atlet angkat besi Rahmat Erwin Abdullah berhasil mempersembahkan medali emas melalui cabang olahraga (cabor) angkat berat dengan nomor pertandingan 73kg putra.

Penampilan luar biasa Rahmat Erwin Abdullah terjadi di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, pada malam Rabu (3/10/2023). Dalam pertandingan tersebut, atlet asal Makassar itu, berhasil mencatatkan total angkatan seberat 359kg.

Angka tersebut diraih setelah Rahmat Erwin Abdullah berhasil mengangkat beban seberat 158kg pada angkatan Snatch. Selanjutnya, pada angkatan Clean and Jerk, atlet berusia 22 tahun ini berhasil mencatatkan prestasi yang mengesankan dengan mengangkat beban seberat 201kg.

Bahkan, pencapaian angka 201kg tersebut membawa Rahmat Erwin Abdullah memperbarui rekor dunia angkatan Clean and Jerk yang sebelumnya telah dia buat di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota, Kolombia, di mana rekor tersebut berada pada angka 200 kg.

"Tadi setelah angkatan kedua seberat 196kg berhasil saya angkat. Saya pikir untuk mengungguli lawan, saya harus menambah beban seberat lima kilogram lagi agar tetap unggul. Ternyata, berhasil dan Alhamdullilah bisa memecahkan Rekor Dunia atas nama saya sendiri," kata Rahmat Erwin Abdullah dikutip dari Antara Rabu 04 Oktober 2023. 

Selain itu, Rahmat Erwin Abdulllah juga pernah memecahkan rekor dunia Clean and Jerk 81kg putra dengan angkatan 209kg. Ketika itu dirinya tampil di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2023 yang dihelat Riyadh. Rekor sebelumnya dibukukan oleh lifter asal Bulgaria, Karlos Nasar, pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021. Kala itu, Karlos Nasar membukukan angkatan sebesar 208 kg.

Profil Rahmat

Rahmat Erwin Abdullah sapaan akrabnya Rahmat ini memulai latihan angkat besi sejak duduk di kelas 1 Sekolah Dasar (SD) di bawah bimbingan ayahnya Erwin Abdullah yang juga merupakan mantan angkat besi nasional. 

Diketahui Erwin Abdullah pernah tampil di sejumlah ajang, seperti Kejuaraan Asia Angkat Besi di Busan, Korea Selatan tahun 1995 meraih medali perak dan Kejuaraan Dunia Federasi Angkat Berat Internasional (IWF) di Istanbul, Turki tahun 1994 meraih medali perunggu.

Rahmat sempat mengalami masa vakum dalam latihannya, dan kembali aktif berlatih ketika memasuki jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Sejak saat itu, Erwin rutin berpartisipasi dalam berbagai kompetisi nasional seperti POPNAS, dan sering kali meraih tempat di podium.

Pria kelahiran Makassar 13 Oktober 2000, memulai debut di ajang internasional sebagai perwakilan Indonesia dalam IWF Youth World Championship 2017 di Tokyo. Selain itu, ia turut berkompetisi dalam cabang angkat besi pada Asian Games 2018 dan Kejuaraan Dunia IWF 2018 di Thailand.

Prestasi emas pertama Rahmat diraih ketika dirinya bersaing di kategori 73kg angkatan snatch dalam Asian Junior Championship 2019 di Pyongyang. Selang beberapa saat, dirinya kembali meraih medali emas SEA Games di Manila, Filipina.

Emas Kelima

Secara definitif, Rahmat berhasil menyumbang emas kelima bagi Indonesia di ajang Asian Games 2023. Total kontigen Merah Putih telah mengumpulkan 19 medali yang terdiri dari 5 medali emas, 3 perak dan 11 perunggu.

Emas perdana dan kedua, lahir dari cabor menembak yang dicatatkan oleh Muhammad melalui dua nomor sekaligus, yakni Shooting-Men’s 10m Running Target dan Shooting-Men’s 10m Running Target Mixed.

Medali emas ketiga di Asian Games 2023, disumbangkan oleh Harris Horatlus yang turun di nomor nangun putra cabor wushu. Belum lama ini, Amellya Nur Sifa sukses mempersembahkan medali emas ke empat Indonesia di ajang Asian Games 2023 melalui cabor balap sepeda nomor BMX Women's Individual Moto Run 3. 

Bonus Rumah Menanti

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Chef de Mission (CdM) Asian Games 2023 Basuki Hadimuljono, mengatakan, seluruh atlet yang berhasil mempersembahkan medali bakal dijanjikan bonus jumbo, yakni bebas memilih lokasi tanah ataupun rumah.  

Sebagai Menteri PUPR, semoga bisa menyiapkan tambahan bonus rumah di tanah yang mereka miliki di mana saja. Tanah milik orang tuanya, milik sendiri, di mana saja,” ucap Basuki sapaan akrabnya.

Melansir situs, RayWhite, jika para atlet yang memperoleh medali Asian Games 2023, memilih lokasi tanah di wilayah Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta Selatan, yang per satu meter persegi mencapai Rp200 juta. Nominal bonus yang diberikan oleh pemerintah jelas luar biasa, karena setara satu harga rumah yang telah disubsidi pemerintah.

Dengan demikian, hadiah para atlet peraih medali Asian Games China ini, lebih tinggi dibanding edisi sebelumnya yang berlangsung di Jakarta pada 2018 silam. Selengkapnya soal bonus atlet Asian Games 2023 dapat dibaca pada artikel yang telah tayang ini “Peluang Emas, Hingga Menanti Hadiah Rumah Peraih Medali Asian Games 2023