Amb Rosan Roeslani 800 pxl.jpg
BUMN

Profil Rosan Roeslani Wamen BUMN yang Baru

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wakil Menteri (Wamen) dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada sisa masa jabatan 2019-2024 di istana negara pada Senin, 17 Juli 2023.
BUMN
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wakil Menteri (Wamen) dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada sisa masa jabatan 2019-2024 di istana negara pada Senin, 17 Juli 2023.

Salah satu posisi yang mengalami perubahan adalah wakil menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sebelumnya diduduki oleh Pahala Mansyuri digantikan oleh Rosan Roeslani. Pahala Mansury yang digeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Lalu siapakah sosok Rosan Roeslani ini?  Seperti apa sepak terjangnya sebelum menduduki posisi Wamen BUMN.

Perjalanan Karir

Pria kelahiran Jakarta 31 Desember 1968 ini merupakan pengusaha berusia 54 tahun yang sebelumnya merupakan Duta Besar RI untuk AS sejak 2021. Sebelum penugasan ini, Rosan telah menjabat beberapa posisi kepemimpinan di asosiasi dan komunitas bisnis Indonesia.

Melampir laman kementerian luar Negeri, Rosan pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia KADIN (2015-2021). Selama menjabat sebagai Ketua KADIN, Pemerintah Belgia menganugerahkannya sebagai Panglima dalam rangka Leopold Belgia sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusinya dalam lebih memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.

Selain itu, beberapa posisi kunci di tahap awal karirnya, seperti Penasihat Keuangan Asosiasi Koperasi Batik Indonesia (1997-2002) dan Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2005-2008).

Selama menjabat sebagai Ketua KADIN, Pemerintah Belgia menganugerahkannya sebagai Panglima dalam rangka Leopold Belgia sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusinya dalam lebih memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.

Ia memulai perjalanan profesionalnya di bidang keuangan dan kewirausahaan. Ia juga pernah menduduki beberapa posisi kunci di tahap awal karirnya, seperti Penasihat Keuangan Asosiasi Koperasi Batik Indonesia (1997-2002) dan Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2005-2008).

Roeslani juga adalah salah satu tokoh terkemuka di bidang keuangan dan investasi Indonesia. Dia telah terlibat dalam sejumlah inisiatif strategis pemerintah sebagai perwakilan sektor swasta utama termasuk Ketua Satgas Cipta Kerja Omnibus Law Indonesia (2019-2021) dan Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional (BANI) (2019- 2021).

Ia  juga menjabat sebagai Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia (MES). Teladannya dalam pelayanan publik tercermin dengan baik dalam beberapa keterlibatan kunci dalam beberapa program besar yang dipimpin pemerintah, seperti Ketua Misi Kontingen Olimpiade Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (2021) dan Wakil Ketua COVID-19. -19 Komite Respon dan Pemulihan Ekonomi Nasional/KPC-PEN (2020-2021). Beliau juga merupakan Ketua Persatuan Angkat Besi Indonesia/PABSI sejak tahun 2015.

Roeslani menempuh pendidikan S1 Keuangan di Oklahoma State University, Stillwater, Oklahoma (1988-1992) dan meraih gelar MBA dari European University, Antwerpen, Belgia (1993-1994).

Berikut daftar nama Menkominfo dan 5 Wakil Menteri serta 2 anggota Wantimpres yang dilantik pagi ini :

Menkominfo Budi Arie Setiadi
Wamenkominfo Nezar Patria
Wamendes Paiman Raharjo
Wamenlu Pahala Mansury
Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani
Wamenag Saiful Dasuki
Wantimpres Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto