presiden Jokowi dan Iriana Jokowi
Nasional

Profil Sespri Iriana Jokowi yang Akan Maju jadi Cawalkot Bogor

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Sendi Fardiansyah, yang merupakan sekretaris pribadi (sespri) Ibu Negara Iriana Widodo sekaligus Bakal Calon Walikota Bogor, pada Senin, 18 Maret 2024.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Sendi Fardiansyah, yang merupakan sekretaris pribadi (sespri) Ibu Negara Iriana Widodo sekaligus Bakal Calon Walikota Bogor, pada Senin, 18 Maret 2024.

“Senin, 18 Maret 2024 Pukul 16.00 WIB saya diterima Bapak Presiden di Istana Merdeka,” ujar Sendi dalam keterangan kepada wartawan.

Dia menyebut, pertemuan tersebut adalah untuk melaporkan hasil survei terkait Pilkada Kota Bogor serta beberapa hal lainnya kepada Presiden.

Baca Juga: JK Soal Jokowi Gabung ke Partai Golkar: Boleh, Tetapi...

Sendi melaporkan kegiatan yang telah dilakukan olehnya dan timnya selama satu tahun terakhir, serta program-program yang akan dikerjakan dalam persiapan menghadapi Pilkada.

Sendi juga menyatakan, memohon doa restu dari Jokowi untuk maju dalam Pilkada Walikota Bogor 2024. Dia menambahkan, pertemuan berjalan dengan lancar, dan dia merasa didukung dan mendapat wejangan dari Presiden yang juga merupakan mantan Walikota Solo.

Lantas, seperti apakah sosok Sendi Fardiansyah?

Profil Sendi Fardiansyah

Lulus sebagai alumni Sekolah Tinggi Sandi Negara angkatan ke-6 pada tahun 2011, Sendi menjadi Ajudan Iriana sejak tahun 2015, bertugas di Istana Kepresidenan. Pada tahun 2015, ia juga meraih gelar Manajemen Sumber Daya Manusia dari Universitas Mercubuana, Jakarta.

Di sela-sela pekerjaannya, Sendi aktif terlibat dalam berbagai kegiatan komunitas dan organisasi kemasyarakatan, serta mengembangkan usaha-usaha lainnya. Beberapa organisasi tempatnya berkecimpung antara lain sebagai Ketua Umum Kawani Bogor (sejak April 2023) dan sebagai Pengurus Pusat Syarikat Islam (SI) Masa Jihad (2021-2026).

Sebagai wirausaha, Sendi memiliki beberapa peran yang signifikan. Dia adalah pendiri dan CEO Digimon ID, pemilik dari Sequoia Caffe Garden, pemilik dari Experience (EXP) Shoes and Sandal, dan juga menjabat sebagai Komisaris di PT. JAS Organik Indonesia.

Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai komunitas, termasuk Kelas Inspirasi Indonesia Mengajar, serta menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni SMAN Bogor. Selain itu, dia juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal dan Penasihat di Suporter FC Barcelona Indonesia, peran yang dipegangnya hingga saat ini.

Baca Juga: Berikan Hak Suara, Jokowi dan Iriana Mencoblos di TPS 10 Gambir

Dalam hal penugasannya, Sendi memiliki pengalaman yang luas baik di dalam maupun di luar negeri. Di dalam negeri, dia telah terlibat dalam berbagai kegiatan seperti Operasi Gurita Bakorkamla di KRI Sanca 815 pada tahun 2012, Tim Pengadaan CPNS Nasional di Bali pada tahun yang sama, serta Operasi Gurita Bakorkamla di Command Center Jakarta pada tahun 2013.

Selain itu, dia juga telah terlibat dalam Main Group kunjungan Presiden dan Ibu Negara ke seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk penugasannya di luar negeri, ia berpengalaman dalam tugas delegasi di luar negeri yang meliputi KTT ASEAN di Singapura, Thailand, Vietnam, dan Laos, serta US-ASEAN Summit di Los Angeles, Amerika Serikat. Dia juga telah hadir dalam ROG di Seoul, Korea Selatan, serta G-20 di Turki, China, Rusia, dan Jerman.

Selain itu, COP 21 di Paris, Prancis, serta BELT and Road Forum di Beijing, China. Ia juga telah mengikuti kunjungan kenegaraan ke berbagai negara termasuk Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, India, Uni Emirat Arab, Iran, Turki, Australia, Selandia Baru, dan beberapa negara lainnya.