Screenshot (1138).png
Hukum Bisnis

Profil Trek Bicycle, Perusahaan AS yang Gugat AHM Terkait Merek

  • Trek dikenal memproduksi berbagai sepeda berkualitas tinggi dan teknologi inovatif dalam industri bidangnya.
Hukum Bisnis
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Baru-baru ini Trek Bicycle Corporation menggugat perusahaan otomotif besar di Indonesia PT Astra Honda Motor (AHM) terkait dengan gugatan merek. Trek Bicycle Corporation merupakan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang bergerak pada industri pembuatan sepeda. 

Perusahaan ini telah menjual berbagai produknya ke belahan dunia yang salah satunya juga Indonesia. Trek Bicycle Corporation memulai produksinya pada tahun 1976. Trek dikenal memproduksi berbagai sepeda berkualitas tinggi dan teknologi inovatif dalam industri bidangnya. 

Produksinya meliputi berbagai macam sepeda yang terbagi dalam beberapa jenis klasifikasi. Terdapat sepada balap, sepeda gunung, hingga aneka jenis sepeda yang digunakan secara khusus untuk beberapa keperluan. 

Jangakauan produk dari Trek cukup luas tidak hanya mencakup produksi sepeda saja. Perusahaan ini juga memproduksi berbagai keperluan yang berhubungan dengan sepeda. Terdapat beraneka macam aksesori, pakaian, dan perlengkapan bersepeda seperti helm, sepatu, pakaian bersepeda, komponen sepeda, serta ragam aksesori sepeda. 

Berkaitan dengan lingkungan, perusahaan turut mengkampanyekan terkait lingkungan hidup beserta kelestariannya. Trek berkomitmen bergerak cepat dan mengambil tindakan nyata untuk mengurangi dampak lingkungan yang terjadi. Hal didasarkan  kesadaran bahwa industri manufaktur pasti akan menimbulkan dampak, terutama pada pencemaran udara.

Dalam sebuah perhitungan yang dilakukan Trek, polusi udara tersebut tercipta dari proses pengangkutan barang yang dilakukan dengan menggunakan pesawat terbang. Angkutan dengan pesawat terbang memiliki emisi melalui udara di atas laut 84 kali lebih tinggi.

Berkaitan dengan perhitungan tersebut, Trek berkomitmen untuk mengurangi pengiriman melalui udara dengan memangkasnya sebanyak 75%. Tidak hanya polusi udara pada saat pengangkutan, trek menghitung emisi yang ditimbulkan dari produksinya sendiri. 

Kurangi Emisi di 35 Kota

Trek menghitung langsung pengeluaran emisi yang dihasilkan pada tiap-tiap produksi sepeda guna menemukan seberapa besar pencemaran yang dihasilkan. Dari sini pula trek kemudian berusaha untuk mengurangi polusi tersebut.

Komitmen lain yang diterapkan oleh Trek secara tegas meliputi penggunaan energi terbarukan pada seluruh fasilitas dan kantor yang dimilikinya di seluruh belahan dunia. Kemudian mengurangi perjalanan yang dilakukan oleh perusahaan guna mendukung pengurangan emisi pada udara. 

Trek juga menerapkan daur ulang sebisa mungkin untuk menciptakan produk. Terdapat 15 produk Trek yang terbuat dari bahan daur ulang ini. Perusahaan ini juga berusaha mengurangi jumlah emisi di 35 perkotaan dengan melakukan melalui skema bagi hasil.