<p>Karyawan melayani nasabah di gerai salah satu cabang Bank Mandiri, di Jakarta, Selasa, 6 April 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Profitabilitas Positif, Laba Bank Mandiri Kuartal I-2021 Tembus Rp5,9 Triliun

  • Emiten pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) merealisasikan laba bersih sebesar Rp5,9 triliun pada kuartal I-2021.

Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Emiten pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) merealisasikan laba bersih sebesar Rp5,9 triliun pada kuartal I-2021.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi memaparkan, perseroan secara konsolidasi membukukan laba sebelum provisi (PPOP) sebesar Rp14,1 triliun, tumbuh 1,7% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

“Hasil kinerja Bank Mandiri di kuartal I-2021 ini menunjukkan bahwa saat ini perseroan berada pada jalur yang tepat untuk membukukan kinerja lebih baik dari tahun sebelumnya,” katanya dalam konferensi pers virtual, Selasa 27 April 2021.

Selain laba, bank pelat merah ini merealisasikan pendapatan secara konsolidasi senilai Rp25,6 triliun, tumbuh 7,2% yoy. Kedua perolehan ini terdorong oleh perbaikan rasio profitabilitas.

Darmawan menjelaskan, perbaikan profitabilitas ditopang oleh pertumbuhan kredit dan Dana Pihak Ketiga (DPK) serta digitalisasi perbankan. Bank Mandiri saat ini memang tengah melakukan pengembangan solusi digital dalam rangka untuk mendorong pertumbuhan transaksi digital nasabah.

“Bagi nasabah retail, kami telah mengenalkan Livin’ by Mandiri. Sedangkan nasabah wholesale kami saat ini telah dapat memanfaatkan layanan Mandiri Cash Management untuk berbagai kebutuhan transaksional,” lanjutnya.

Dia menyebutkan, kenaikan DPK hingga menembus level Rp1.100 triliun dan kenaikan penyaluran kredit berkontribusi kepada pembentukan aset perseroan. Tercatat, total aset bank berlogo pita kuning ini mencapai Rp1.584,1 triliun, meningkat 20% yoy. (SKO)