Head of Region and External Affairs Gojek Gede Manggala bersama perwakilan mitra driver di acara diskusi media dan buka puasa bersama di kantor Gojek, Jakarta, Rabu, 5 April 2023.
Industri

Program Gojek Swadaya Bantu Ratusan Ribu Mitra Driver Hemat 15 Persen Biaya Operasional

  • Program ini dicanangkan oleh perseroan dalam rangka membantu kesejahteraan para mitra driver yang menjadi tulang punggung dari layanan on-demand GoTo.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Sudah berjalan selama tujuh tahun sejak 2016, program Gojek Swadaya dilaporkan telah dimanfaatkan oleh lebih 450 ribu mitra driver perbulannya dan membantu penghematan 15% dari biaya operasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Head of Region and External Affairs Gojek Gede Manggala dalam acara diskusi media dan buka puasa bersama di Jakarta, Rabu, 5 April 2023.

Gede menyampaikan, program Gojek Swadaya ini sendiri merupakan bagian integral dari strategi jangka panjang untuk mendukung para mitra driver.

Program ini dicanangkan oleh perseroan dalam rangka membantu kesejahteraan para mitra driver yang menjadi tulang punggung dari layanan on-demand GoTo.

Berikut ini sejumlah manfaat yang diperoleh mitra driver dari program Gojek Swadaya:

1. Total kuota yang dibeli mitra melalui Paket Pulsa Swadaya mencapai 7,41 GB perbulan.

2. Total oli yang digunakan mitra driver dari Paket Swadaya mencapai 37,3 ribu liter.

3. Bantuan berupa sembako untuk mitra driver mulai dari beras, minyak, hingga paket makanan dengan harga terjangkau.

4. Lebih dari 240.000 mitra driver dan keluarga dibantu oleh program tabungan dan asuransi, termasuk asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), kredit pemilikan rumah (KPR), dan beasiswa anak mitra.

5. Jaminan kecelakaan dan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan di Gojek Swadaya.

6. Lebih dari 400 mitra driver menerima berbagai modul ilmu finansial melalui fitur Tips Pintar di aplikasi GoPartner.

"Gojek Swadaya sangat mudah dijangkau, cukup melalui fitur di aplikasi mitra driver Gojek, yakni GoPartner. Agar tepat sasaran, setiap program melibatkan diskusi dua arah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mitra driver di masing-masing daerah, melalui kanal komunikasi seperti Kopi Darat (Kopdar)," ujar Gede.

Program yang dikhususkan untuk para mitra driver ini merupakan hasil dari kolaborasi Gojek dengan Partner Swadaya yang memiliki kesamaan visi dalam menyejahterakan para mitra driver.

Partner Swadaya ini sendiri terdiri dari berbagai perusahaan telekomunikasi, dealer otomotif, penyedia produk, bengkel, dan layanan penunjang kendaraan bermotor, perbankan dan asuransi, ritel, hingga penyedia properti hunian terjangkau.

Khusus di momentum Ramadan tahun ini, Gojek pun menghadirkan program Swadaya Mudik sebagai bagian dari program Gojek Swadaya.

Program ekslusif ini dihadirkan untuk para mitra driver yang hendak pulang kampung halaman menjelang perayaan Idulfitri.

Program ini membantu mitra melalui diskon perawatan kendaraan bermotor serta berbagai voucher diskon khusus untuk transportasi, akomodasi, hingga makanan melalui platform Tokopedia.

Gojek pun menghadirkan Bazaar Swadaya di kantor operasional Gojek setiap daerah, dan di sana para mitra driver dapat membeli paket sembako dan produk perawatan dengan harga yang lebih terjangkau. Acara ini akan berlangsung pada bulan Ramadan pada 10-14 April 2023.

"Selain itu, Gojek memfasilitasi pelaksanaan bakti sosial Ramadan yang merupakan inisiatif independen lebih dari 300 komunitas mitra driver di 25 kota/kabupaten se-Indonesia," kata Gede.