<p>Sumber: id.pinterest.com</p>

Program Kebun Bibit Desa Rambah Indonesia Timur

  • JAKARTA – Program Kebun Bibit Desa (KBD) dan persemaian modern kini merambah ke daerah timur Indonesia. KBD Labuan Bajo merupakan salah satu hasil dari program 1.000 KBD yang tengah dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (Ditjen PDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Program KBD merupakan instruksi Presiden Joko Widodo […]

wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Program Kebun Bibit Desa (KBD) dan persemaian modern kini merambah ke daerah timur Indonesia. KBD Labuan Bajo merupakan salah satu hasil dari program 1.000 KBD yang tengah dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (Ditjen PDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Program KBD merupakan instruksi Presiden Joko Widodo dalam upaya membudayakan kegiatan menanam di kalangan masyarakat, hingga sampai ke wilayah tapak, guna menghijaukan kembali daerah-daerah di Indonesia.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar sempat meninjau Program KBD yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Prov. NTT pada Minggu (19/01). Selain itu, Menteri LHK juga meninjau ke calon lokasi persemaian modern Labuan Bajo.

Pembangunan persemaian tersebut dalam rangka mendukung destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo sebagai salah satu etalase Indonesia, terutama bagi wisatawan mancanegara. Luas lahan persemaian modern tersebut sekitar 30 hektar, terletak di Satar Kodi, Kelurahan Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

“Pembangunan persemaian modern tersebut juga dalam upaya untuk mengatasi kondisi lahan kritis, berupa lahan terbuka dan semak belukar yang gersang dan tidak produktif yang masih banyak terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur, termasuk Kawasan wisata Labuan Bajo.” Tulis akun @kementerianlhk di Instagram.

Kementerian LHK juga menghimbau agar masyarakat ikut andil dalam menanam pohon, supaya Indonesia terus hijau dan lestari.