pln-dukung-pengembangan-umkm-melalui-festival-pln-peduli-2020.jpg
BUMN

Program Pemberdayaan PLN Sentuh 3.400 Difabel

  • Hingga triwulan III tahun 2023, sekitar 3.419 individu dari kelompok disabilitas telah mengambil bagian dalam program pendidikan dan pemberdayaan yang ditawarkan oleh PLN. Sementara itu 2.727 penyandang disabilitas secara aktif terlibat dalam berbagai program pendidikan yang dicanangkan PLN.
BUMN
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - PLN terus mengembangkan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang memberikan dukungan usaha dan pendampingan bagi individu yang memiliki disabilitas. Misi utama program ini adalah untuk membantu golongan disabilitas mencapai kemandirian dan memiliki daya saing di masyarakat.

Hingga triwulan III tahun 2023, sekitar 3.419 individu dari kelompok disabilitas telah mengambil bagian dalam program pendidikan dan pemberdayaan yang ditawarkan oleh PLN. Sementara itu 2.727 penyandang disabilitas secara aktif terlibat dalam berbagai program pendidikan yang dicanangkan PLN.

Program pemberdayaan PLN, tidak hanya memberikan pendidikan, tetapi juga memberikan pelatihan keterampilan dan modal usaha kepada sekitar 692 orang kaum disabilitas. Program pemberdayaan ini tidak hanya meningkatkan taraf hidup mereka, tetapi juga memberikan kontribusi pengurangan angka pengangguran dengan  menyerap sekitar 109 tenaga kerja dari kalangan disabilitas.

"Program ini berfokus pada memberdayakan kaum rentan disabilitas agar dapat mandiri secara ekonomi dan sosial, serta meningkatkan inklusi mereka dalam kegiatan ekonomi dan masyarakat," ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dilansir kabarbumn.com, Rabu, 8 November 2023.

Inisiatif pemberdayaan kaum disabilitas yang digagas oleh PLN bertujuan memberikan dukungan dan peluang kepada kelompok yang lebih rentan agar dapat hidup mandiri. Walaupun mereka memiliki keterbatasan, PLN terus mendorong kaum disabilitas untuk memiliki semangat belajar, berani memulai, mengembangkan, dan mengelola usaha dengan baik.

"Saya sangat berterima kasih kepada PLN karena sudah memberikan bantuan kepada kami untuk membuat rumah produksi baru yang sangat luas manfaatnya, sehingga berhasil mengembangkan usaha kami. Hasil produk batik Ciprat dari rekan-rekan difabel di kampung kami semakin maju dan dikenal," ungkap Pengelola Batik Ciprat, Yoyok Ernowo .

Program seperti ini sangat penting untuk memastikan semua individu, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan, memiliki peluang yang sama untuk berkembang dan memberikan kontribusi pada masyarakat. PLN telah membuktikan komitmennya untuk menciptakan perubahan positif dalam kehidupan kaum disabilitas, menjadikan PLN sebagai contoh inspiratif bagi perusahaan lain yang ingin berperan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial.