<p>Foto: Adira Finance </p>
Korporasi

Program Unggulan Adira Finance Dukung Tata Kelola Kerbelanjutan (ESG)

  • Adira Finance turut serta melakukan berbagai kolaborasi dengan melibatkan para pemangku kepentingan demi menghasilkan keseimbangan kinerja dalam aspek ESG.

Korporasi

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance menyadari, bahwa setiap kegiatan bisnis selalu dituntut untuk terus bergerak secara dinamis menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. 

Sebagai pelaku industri pembiayaan yang telah memiliki rekam jejak selama lebih dari 30 tahun, Adira Finance senantiasa berupaya untuk beradaptasi dan menempatkan diri sesuai dengan kebutuhan zaman dari waktu ke waktu. Bagi perseroan, hal tersebut merupakan kunci untuk terus melanjutkan kontribusi nyata di dunia industri pembiayaan.

Meski demikian, Adira Finance juga menyadari bahwa dukungan dari seluruh pihak, termasuk seluruh pemangku kepentingan turut menjadi faktor penentu tercapainya kinerja optimal perseroan di era globalisasi ini.

Maka, pada pelaksanaannya turut serta melakukan berbagai kolaborasi dengan melibatkan para pemangku kepentingan demi menghasilkan keseimbangan kinerja dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, yang berjalan selaras dengan Sustainability Development Goals (SDGs) perseroan. 

Tercatat sepanjang tahun 2022, Adira Finance telah melanjutkan insiatif dan komitmen untuk menjalankan bisnis dengan mengedepankan prinsip dan nilai-nilai berkelanjutan atau Environment, Social and Governance (ESG). 

Melansir laporan keberlanjutan perusahaan 2022, Adira Finance telah berkontribusi nyata terhadap ESG dengan memberikan pembiayaan untuk sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp7,7 triliun. Lalu untuk mendukung pengurangan emisi karbon, perseroan juga melakukan pembiayaan kendaraan bertenaga senilai Rp28,4 miliar. 

Selain itu, Adira Finance juga mengadakan rakyat yang ditujukan untuk mengkampanyekan produk UMKM. Acara ini dilaksanakan di 5 desa wisata di wilayah Jawa dan Bali dan diikuti oleh 71 UMKM. Adapun Dana yang sudah disalurkan untuk Festival Pasar Rakyat adalah Rp1 miliar.

Masih dengan konsep serupa, pada Agustus - November 2023 lalu, Adira Finance juga mengadakan Festival Kreatif Lokal di 5 Desa wisata Jawa dan Bali dengan dana disalurkan mencapai Rp2,5 miliar. 

Program yang berlangsung kurang lebih satu bulan itu terbagi menjadi beberapa tema antara lain Desa Wista Kreatif, Jelajah Desa Wisata Kreatif, Festival Pasar Rakyat dan Workshop Literasi Keuangan. Berikut rinciannya. 

  1. Desa Wisata Kreatif, program pengembangan bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat menciptakan paket wisata desa yang dapat dijual dan memiliki selling value. Kegiatan mencakup bimbingan teknis kepada UKM di masing-masing Desa Wisata.
  2. Jelajah Desa Wisata Kreatif, yaitu kegiatan berkendara komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi.
  3. Festival Pasar Rakyat (FPR), sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat menjadi ruang publik kreatif.
  4. Workshop Literasi Keuangan, untuk membantu pedagang pasar dan UMKM desa wisata cara mengelola Keuangan.

Selain itu, Adira Finance juga memiliki komitmen lebih dalam bidang lingkungan yakni melakukan pemanfaatan atau penggunaan sumber daya alam dengan merancang program manajemen tempat kerja yang bertanggung jawab. 

Dalam merealisasikannya, Adira Finance telah menerapkan program penghematan energi seperti merubah jam operasional penerangan dengan mengganti semua lampu jari LED dan mamatikan pendingin ruangan jika tidak digunakan. Bahkan, perseroaan menghimbau kepada seluruh karyawannya untuk mengurangi botol dan tempat makan sekali pakai. 

Seluruh program tersebut, telah dilaksanakan di seluruh kantor cabang dan pusat Adira Finance. Hal itu menjadi bukti nyata perseroan sangat mendukung tata keberlanjutan yang berkesinambungan dengan lingkungan.