<p>Suasana Stasiun TMII LRT Jabodebek. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat menjajal LRT naik dari Stasiun TMII menuju Stasiun Harjamukti, Cibubur. (Foto: Kementerian Perhubungan)</p>
Nasional

Progres Capai 90 Persen, LRT Jabodebek Masuk Fase Uji Coba dan Integrasi Rel dengan Kereta

  • Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) terus dilakukan hingga 25 April 2022 progresnya telah mencapai 90,52%.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) terus dilakukan hingga 25 April 2022 progresnya telah mencapai 90,52%.

Dikutip dari akun media sosial Adhi Karya, Selasa, 17 Mei 2022, LRT Jabodebek telah memasuki fase uji coba dan integrasi sistem rel dengan kereta.

Pembangunan LRT Jabodebek tahap 1 ini akan menghubungkan Cawang - Cibubur - Dukuh Atas bahkan hingga ke Bekasi Timur. Sehingga dengan adanya LRT Jabodebek ini akan mempermudah masyarakat yang masuk atau keluar Kota Jakarta.

Lebih rinci, progres pembangunan LRT Jabodebek ini melingkupi progres lintasan pelayanan Cawang - Cibubur 94,76%, lintas Cawang - Dukung Atas sebesar 90,02%, lintas pelayanan Cawang - Bekasi Timur 93,26%, serta progres Depo mencapai 72,66%.

Rencananya LRT Jabodebek ini akan melakukan soft launching pada 17 Agustus 2022. Berbagai persiapan sedang diupayakan salah satunya menjaminkeselamatan dan keamanan pengguna trasportasi LRT Jabodebek.

Selain itu, LRT Jabodebek juga dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk membuat pelanggan LRT Jabodebek lebih nyaman saat menggunakan transportasi satu ini. Fasilitas tersebut di antaranya tipe yang dimiliki stasiun LRT berupa Typical Station yang memiliki dua lantai.

Salah satu tipe satasiun ini ialah Stasiun Harjamukti yang memiliki dua lantai. Lantai pertama terdapat area boarding untuk ticketing dan lantai kedua terdapat peron untuk penumpang bisa naik dan turun dari kereta.