<p>Kereta api super cepat yang akan digunakan rute Jakarta-Bandung. Kereta api berkecepatan tinggi ini ditargetkan dapat memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung dari sebelumnya 3 jam menjadi 40 menit dengan kecepatan 350 kilometer per jam. Panjang rute KA cepat Jakarta-Bandung mencapai 142,3 kilometer. / Kcic.co.id</p>
Nasional

Progres Konstruksi 80 Persen, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan Diuji Coba saat Presidensi G20 Indonesia

  • Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) ditargetkan beroperasi untuk umum pada Juni 2023.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan menggelar uji coba pengoperasian kereta cepat Jakarta - Bandung (KCJB) saat perhelatan Presidensi G20 Indonesia pada November 2022.

Kabar tersebut datang setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi membahas persiapan uji coba KCJB. 

Ridwan Kamil mengatakan progres pembangunan proyek KCJB sudah mencapai 80% dan ditargetkan akan beroperasi untuk umum pada Juni 2023.

"Kabar baik ini memberikan optimisme pada pihaknya akan pengerjaan mega proyek infrastruktur transportasi sudah sesuai proses," kata Ridwan Kamil dalam keterangan pers, Rabu, 7 April 2022.

Pria yang biasa disapa Kang Emil menambahkan, uji coba pengoperasian dinilai bisa dibuktikan oleh warga Jawa Barat bahwa mega proyek ini menunjukkan perkembangan yang signifikan di lapangan.

Di sisi lain, Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, semua kendala mengenai pembangunan terowongan sudah diselesaikan. Hingga saat ini, sudah terbangun 12 terowongan dari total 13 terowongan.

"Kita sudah melintasi kilometer 145 ke arah Tegalluar dan Cileunyi. Jadi, kendala di tunnel sudah selesai, dari 13 tunnel sisa satu yang masih dalam pengejerjaan," katanya.

Lebih lanjut, di wilayah Walini Kabupaten Bandung Barat akan dibangun stasiun bekerja sama dengan pihak ketiga. Stasiun Tegalluar Bandung merupakan stasiun akhir KCJB akan dibangun jembatan penyeberangan untuk kendaraan.